Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Salurkan Bansos PPKM Level 4 , Ada 22.861 KPM

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

25 - Jul - 2021, 20:47

Placeholder
Proses penyerahan bantuan sosial (bansos) PPKM Level 4 berupa uang tunai Rp 300 ribu di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Minggu (25/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kepada 22.861 keluarga penerima manfaat (KPM). 

Penyaluran bansos PPKM Level 4 dilakukan Dinsos-P3AP2KB Kota Malang bekerja sama dengan Kantor Cabang Bank Jatim Kota Malang yang dilangsungkan selama dua hari. Yakni pada Sabtu (24/7/2021) dan Minggu (25/7/2021). 

Baca Juga : Ruang Isolasi RS dr. Haryoto Lumajang Penuh, Sementara Tidak Terima Pasien Covid 

"Data yang menerima bansos PPKM Level 4 sebanyak 22.861 KPM. Masing-masing menerima Rp 300 ribu," ungkap Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani kepada MalangTIMES.com, Minggu (25/7/2021). 

Sasaran  bansos PPKM Level 4 ini diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak adanya kebijakan PPKM Level 4 dan keluarga prasejahtera. "Sebanyak 22.861 KPM itu yang terdampak dan keluarga prasejahtera," ujarnya.

Sebanyak 22.861 KPM dari bansos PPKM Level 4 ini merupakan rekapitulasi data dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Untuk beberapa wilayah yang memiliki banyak KPM, penyalurannya dilakukan selama dua hari terkait pembagian bansos PPKM Level 4. 

Wilayah tersebut berada di Kelurahan Polehan di Kecamatan Blimbing, Kelurahan Kotalama di Kecamatan Kedungkandang; Kelurahan Mergosono di Kecamatan Kedungkandang, Kelurahan Sukun di Kecamatan Sukun; serta Kelurahan Bareng di Kecamatan Klojen. 

Anggaran  bansos ini  diambilkan dari belanja tidak terduga (BTT) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 6.858.300.000. 

Selain itu, Penny  menyampaikan bahwa untuk penyaluran bansos bagi 2.500 pedagang kaki lima (PKL) yang telah tersalurkan semuanya dan masing-masing menerima Rp 300 ribu juga diambilkan dari anggaran BTT APBD Kota Malang Tahun Anggaran 2021. Nominalnys sebesar Rp 750.000.000. 

Baca Juga : Pasar Sepi dan Harga Anjlok Akibat PPKM Darurat, Petani Daun Jeruk di Tulungagung Merugi

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kerumunan dalam penyaluran bansos PPKM Level 4, Penny telah memerintahkan kepada jajarannya dan penanggung jawab di masing-masing kelurahan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  "Pelaksanaannya kami atur jamnya agar berjalan lancar, sehingga tidak terjadi penumpukan antrean dan kerumunan masyarakat," ujarnya. 

Terpisah, Lurah Bareng Wiwik menuturkan bahwa karena KPM di wilayahnya  mencapai 1.138 KPM. Karena itu, bansos  akhirnya dibagi selama dua hari. Yakni pada Sabtu (24/7/2021) sebanyak 600 KPM dan pada Minggu (25/7/2021) 538 KPM. Pembagian dua hari tersebut dilakukan juga untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"KAMI tetap menjaga protokol kesehatan, supaya tidak terjadi kerumunan. Kita juga khawatir kalau sampai terjadi kerumunan hanya karena pembagian Rp 300 ribu," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy