Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

3 Ibadah yang Pahalanya Setara Haji, Berikut Penjelasan Buya Yahya 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 07:50

Placeholder
Ilustrasi ibadah haji di Makkah. (foto: iStock)

JATIMTIMES - Menunaikan ibadah haji adalah impian setiap muslim, namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melaksanakannya. 

Menurut Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, KH.Yahya Zainul Ma'arif, Lc., M.A., Ph.D. yang lebih akrab disapa Buya Yahya ada beberapa ibadah lain yang pahalanya setara dengan haji. Berikut ini daftar ibadahnya. 

Baca Juga : Fungsi Smart Card, Kartu Pintar yang Baru Saja Dikeluarkan Arab Saudi untuk Jemaah Haji

1. Zikir setelah salat subuh berjamaah di masjid sampai terbit matahari, lalu salat dua rakaat 

Salat subuh berjamaah di masjid kemudian kamu mau bertahan duduk sambil berzikir sampai matahari terbit. Selanjutnya melaksanakan salat dua rakaat, salat Isyraq, maka pahalanya setara ibadah haji dan umrah. 

Hal ini seperti dikatakan dalam hadis Nabi saw yang diriwiyatkan oleh Imam Tirmidzi, bunyinya sebagai berikut: 

مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ (رواه الترمذي. حسن)   

Artinya: “Siapa saja yang sholat subuh secara berjamaah, kemudian duduk dengan berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR at-Tirmidzi. Hadits Hasan).

2. Salat fardhu berjamaah 5 waktu 

Tak hanya salat Isyraq, menjalankan salat fardhu 5 waktu secara berjamaah juga mendapatkan pahala setara ibadah haji. Sedangkan salat dhuha di masjid, pahalanya setara umrah. 

Penjelasan ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Umamah bahwa Rasulullah berkata.

من خرج من بيته متطهرا إلى صلاة مكتوبة فأجره كأجر الحاج المحرم، ومن خرج إلى تسبيح الضحى لا ينصبه إلا إياه فأجره كأجر المعتمر 

Baca Juga : Teuku Ryan Kehilangan Gairah dengan Ria Ricis karena Uang Cicilan Rumah

Artinya, “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Daud).

 3. Berangkat ke masjid untuk kebaikan

Jika kamu berniat pergi ke masjid untuk menuntut ilmu dalam hal kebaikan, maka akan diberikan pahala setara ibadah haji. Sebagaimana penjelasan dari riwayat Abu Umamah bahwa Rasul berkata.

 من غدا إلى المسجد لايريد إلا أن يتعلم خيرا أو يعلمه، كان له كأجر حاج تاما حجته 

Artinya, “Siapa yang berangkat ke masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti pahala ibadah haji yang sempurna hajinya,” (HR At-Thabarani). 

Demikian 3 amalan sehari-hari yang pahalanya bernilai seperti ibadah haji dan umrah. Meski sudah mengamalkan amalan-amalan di atas, bukan berarti menggugurkan kewajiban untuk haji dan umrah jika mampu. Jadi haji dan umrah tetap dilaksanakan jika memenuhi syarat.


Topik

Agama haji ibadah pahala haji tips haji terus mau haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya