Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Teuku Ryan Kehilangan Gairah dengan Ria Ricis karena Uang Cicilan Rumah

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 07:41

Placeholder
Mantan suami Ria Ricis, Teuku Ryan. (Foto screenshot YT @ryan TR Official)

JATIMTIMES - Gangguan kesehatan mental seringkali tidak disadari oleh orang yang mengalaminya. Hal ini dapat menyebabkan dampak yang serius pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya seperti yang dialami oleh mantan suami Ria Ricis, Teuku Ryan

Dimana dalam klarifikasinya, Ryan mengaku stress dan hilang gairah terhadap Ria Ricis akibat stress yang berlebih. ""Saya stres menghadapi 2 cicilan yang satu rumah griya Harmoni ini yang kita beli bersama dan yang satu lagi saat ini rumah yang lagi direnovasi sama ibunya Moana. Itu nilainya sangat besar per bulannya, sedangkan penghasilan saya pas-pasan," katanya dalam akun YouTube miliknya Ryan TR Official.

Baca Juga : Miris, Indonesia Jadi Negara 'Crypto Degen' ke-5 di Dunia Versi CoinGecko 

Bahkan disebutkan oleh Ryan, akibat stress tersebut ia sampai kehilangan gairah terhadap Ria Ricis. "Itulah kenapa saya hilang gairah karena batin saya tertekan, cenderung tidak dihargai segala sesuatu yang sudah saya berikan," ungkapnya.

Lantas sepengaruh itukah utang terhadap kesehatan mental seseorang? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini;

Hubungan uang dan kesehatan mental

Tak bisa dipungkiri, kesehatan mental dan uang saling berhubungan. Masalah kesehatan mental dapat mempersulit seseorang dalam memperoleh dan mengelola uang, dan utang dapat memicu atau memperburuk kondisi mental seperti kecemasan, depresi, dan stres.

Dilansir dari laman Mental Health, masih banyak yang beranggapan bahwa orang-orang terlilit utang karena menjalani gaya hidup mewah dengan kartu kredit. Kenyataannya, semua orang bisa saja terlilit utang. Pengangguran dan pemutusan hubungan kerja adalah pemicu paling umum dari masalah utang dan dapat terjadi pada siapa saja.

Adanya perubahan dalam hidup, seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan mental atau fisik, atau perpisahan dengan pasangan, dapat membuat seseorang kesulitan membayar tagihan rumah tangga. Menyesuaikan diri dengan perubahan finansial seperti itu bisa jadi hal yang sulit.

Dampak Utang terhadap Kesehatan Mental

Sebuah studi dari Royal College of Psychiatrists yang meneliti soal utang dan kesehatan mental menemukan bahwa setengah dari orang dewasa yang mempunyai masalah utang juga hidup dengan kesehatan mental yang buruk. Ini berkisar dari perasaan cemas dan suasana hati yang buruk hingga kondisi kesehatan mental yang didiagnosis.

Utang dapat membuat seseorang merasa cemas, terutama jika mereka tidak mendapat dukungan dari teman, keluarga, atau kreditur. Utang bisa menjadi beban yang besar, dan menjadi lebih buruk jika kita hanya menanganinya sendirian.

Selain itu, perasaan khawatir dan was-was akan utang bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Kurang tidur dan tidak nyenyak tidak hanya memengaruhi suasana hati dan tingkat energi, tetapi juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja atau menjalin hubungan baik dengan teman dan keluarga.

Seperti Terjebak di Lingkaran Setan

Di sisi lain, dampak negatif utang pada kesehatan mental dapat membuat situasi keuangan semakin sulit ditangani. Dilansir dari Equifax, seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental lebih cenderung mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan mereka.

Misalnya, mereka mungkin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk merasakan kegembiraan sementara atas pembelian barang-barang baru. Atau, mereka mungkin membuat pilihan keuangan yang tidak bijaksana seperti menarik uang dari rekening pensiun mereka untuk menutupi biaya-biaya yang tidak penting.

Semua hal ini secara bersamaan menciptakan siklus yang sulit dihentikan, Beauties. Situasi keuangan yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Kemudian, ketika seseorang sedang berjuang dengan kesehatan mentalnya, pengelolaan uang akan menjadi semakin sulit, sehingga utang mereka kemungkinan akan terus bertambah. 

Baca Juga : Tradisi Manten Tebu Tandai Pembukaan Musim Giling di Pabrik Gula Rejoso Manis Indo Blitar

Tak hanya kesehatan mental, rasa cemas akibat utang juga dapat memengaruhi kesehatan fisik seseorang. Dilansir dari Advanced Psychiatry Associates, kecemasan dan depresi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, penyakit jantung, asma dan gangguan pernafasan, hingga melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Cara Mengatasi Stress Akibat Finansial

Saat mengalami masalah finansial seperti Teuku Ryan, memang sebaiknya bertanya pada orang yang tepat, seperti ahli manajemen keuangan. Cobalah untuk mendapatkan pelatihan finansial agar bisa keluar dari jeratan hutang dan keuangan kembali stabil.

Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara mengatasi stress akibat finansial yang bisa dilakukan:

1. Melatih Kesadaran Menggunakan Uang

Kamu harus membuat keputusan secara sadar terkait semua penggunaan uang yang dimiliki. Belanja berlebihan tanpa batasan adalah sesuatu yang membuat seseorang mengeluarkan uang lebih dari didapatkan.

Cara melatih kesadaran dalam berbelanja, cobalah untuk mengambil tiga napas dalam-dalam sebelum membuat keputusan. Jika setelahnya berpikir hal ini hanya akan mengurangi pengeluaran dan membuat penyesalan, maka tidak perlu dilakukan.

2. Pengaturan Uang Sesuai Tanggal

Cobalah untuk mengatur pengeluaran dasar menjadi per hari, pastikan tidak melebihi anggaran yang ditetapkan. Dengan begitu aliran uang lebih teratur dan tidak menghilang tanpa ada catatan yang jelas.

3. Buat Momen Perayaan saat Berhasil

Jika kamu berhasil melakukan semua hal tersebut selama satu bulan lamanya, cobalah menyisihkan uang untuk dihabiskan pada sesuatu yang disukai. Namun sekali lagi, sebaiknya sesuatu yang dibeli benar-benar berguna.


Topik

Serba Serbi teuku ryan ria ricis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya