Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gempa M 7,5 Guncang Taiwan, Audi Marissa Panik

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Apr - 2024, 16:15

Placeholder
Gempa Taiwan sebabkan gedung hancur dan ada korban. (Foto: screenshot IG Audi Marisa)

JATIMTIMES - Taiwan dilanda gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir, yang memicu peringatan tsunami bagi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, serta Jepang dan Filipina. Gempa bumi tersebut terjadi pada hari Rabu (3/4/2024).

Gempa tersebut dilaporkan mengguncang seluruh pulau hingga membuat sejumlah bangunan rusak.

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Atas adanya gempa besar tersebut, seluruh masyarakat merasakan ketakutan dan juga kepanikan. Selain masyarakat setempat, kepanikan juga dirasakan Audi Marissa karena sang mertua berada di lokasi kejadian.

Melalui Instastory akun Instagram @audimarissa, dia membagikan kondisi depan rumah sang mertua yang nampak hancur berantakan.

Postingan Audi Marisa

"Dikirimin mama mertua kondisi tembok taman depan rumah mama. Semoga baik2 saja," tulis Audi disertai emotic menangis, dikutip Rabu (3/4/2024).

Selain itu, artis berusia 28 tahun tersebut juga mengunggah video gedung-gedung di Taipei yang roboh.

Dalam video lainnya, juga terlihat jalan layang bergoyang hebat saat gempa mengguncang yang membuat pengendara sepeda motor tak berani berjalan.

"Gempa disana katanya smpe 20x. Paling besar gempanya di hualien. Tapi di taipei berasa jg. Sampe keluarga anthony ketakutan saking berasanya . Disana kan rumahnya apartement semua ya jd pada tinggi2 lantainya. Semoga baik2 aja," tambah Audi Marissa.

Trending X

Trending X

Gempa yang mengguncang Taiwan itu pun viral dan menjadi trending di X pada Rabu sore. Tagar 7,5 SR terlihat menjadi kata kunci teratas di X. Dalam sejumlah video yang dibagikan warganet, tampak gedung-gedung tinggi yang hampir roboh akibat gempa besar tersebut. Selain itu, terlihat para masyarakat yang resah akibat guncangan gempa tersebut.

Korban Gempa

Badan pemadam kebakaran nasional Taiwan (National Fire Agency/NFA) melaporkan tujuh orang tewas dan 736 lainnya luka-luka imbas gempa Taiwan.

Seluruh korban berasal dari Hualien, wilayah pegunungan di sepanjang pantai timur Taiwan yang menjadi lokasi pusat gempa.

Baca Juga : 16 Ribu Personel Gabungan Diterjunkan Polda Jatim, Berikut Kawasan Prioritas Diwaspadai

Sejumlah pejabat menyebut tiga orang tewas saat sedang mendaki di perbukitan yang mengelilingi kota usai tertimpa batu besar.

Seorang pengemudi truk juga meninggal dunia setelah kendaraannya tertimpa longsor saat mendekati terowongan di kawasan tersebut. Selain korban luka dan meninggal, sebanyak 77 orang juga dikabarkan masih terjebak.

Menurut para pejabat, gempa bumi ini merupakan yang terkuat yang pernah mengguncang Taiwan sejak 25 tahun terakhir. Gempa susulan pun diprediksi akan mengguncang Taiwan di masa mendatang.

"Gempa ini dekat dengan daratan dan dangkal. Gempa dirasakan di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai," kata Direktur Pusat Seismologi Administrasi Cuaca Pusat Taipei, Wu Chien-fu, seperti dikutip AFP, Rabu (3/4).

Gempa berkekuatan 7,7 mengguncang Kota Hualien, Taiwan, sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. Menurut catatan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa berada di 18 kilometer selatan Hualien. Gempa ini berkedalaman 34,8 kilometer.


Topik

Peristiwa Gempa Bumi gempa Gempa Taiwan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni