Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

13 - Apr - 2024, 09:35

Placeholder
Ketua DPC PKB Kabupaten Malang M Kholiq (dua dari kanan) saat konferensi pers usai mendaftarkan Bacaleg DPRD Kabupaten Malang ke KPU pada beberapa waktu lalu. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang M Kholiq mengungkapkan, perolehan suara PKB dalam Pemilu 2024 meningkat hingga 1.300 suara. Meski demikian, peningkatan jumlah suara tersebut tidak mampu mendongkrak perolehan jumlah kursi PKB di DPRD Kabupaten Malang.

"(Perolehan) suaranya naik, dulu sekitar 290 ribu, sekarang 291.344. Jadi naik sekitar 1.300," ungkap Kholiq.

Baca Juga : Viral, Momen Kiai Ghofur yang Ngaji Tetap Tenang Saat Diguncang Gempa Bawean

Sebagaimana diberitakan, jumlah perolehan kursi PKB pada Pemilu 2024 merosot sebanyak satu kursi. Yakni dari 12 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya, dan merosot menjadi 11 kursi pada Pemilu 2024. 

"Naik (perolehan) suaranya, tapi kursinya turun," ucap Kholiq.

Dengan capaian tersebut, PKB kalah bersaing dengan perolehan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Di mana, partai dengan lambang banteng bermoncong putih tersebut, diproyeksikan memperoleh 13 kursi di DPRD Kabupaten Malang pada Pemilu 2024. 

"Di (Kabupaten) Malang targetnya 14, tapi jadi 11 kursi," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kholiq bertekad kembali merebut jatah kursi yang sempat hilang pada Pemilu 2024. "Nanti kita evaluasi, untuk (Pemilu) 2029 kita harus siapkan lebih matang lagi," tuturnya.

Baca Juga : Menkopolhukam Tanggapi Sorotan Anies Soal Intervensi Penguasa Hingga Politisasi Bansos

Kholiq berharap, target jatah kursi yang tidak terealisasi di Pemilu 2024 bisa tercapai di Pemilu 2029 mendatang. Yakni ditargetkan memperoleh 14 kursi pada Pemilu berikutnya.

"(Pemilu) 2029 kita matangkan dulu, minimal kita harus bisa bertahan. (Harapannya) dapat 14 kursi," pungkasnya.


Topik

Politik pkb kabupaten malang pemilu 2024 dprd kabupaten malang kursi pkb



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana