Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Desa Oro-Oro Ombo Bersaing di Lomba Desa Provinsi Jatim 2023, Jagokan 16 Inovasi Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - May - 2023, 15:50

Placeholder
Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiweko bersama Ketua TP PKK Desa Oro-oro Ombo, Sulisytowati saat memberikan pemaparan di Surabaya. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu bersaing pada Perlombaan Desa/Kelurahan Provinsi Jatim 2023. Sejumlah inovasi dan keunggulannya pun dijabarkan oleh Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiweko.

Desa Oro-Oro Ombo melaju ke Tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan keberhasilan pengembangan 16 inovasi unggulannya. Yakni di Bidang Pemerintahan ada Sidedi, BPJS untuk perangkat BPD LPMD RW dan RT, Si Keris, dan Asmara.

Baca Juga : Lakukan Pertemuan, 12 Pemilik Tenant di Malang Plaza Belum Dapat Solusi dari Pemilik Saham

Bidang Pembangunan ada inovasi masyarakat berdaya, desa cegah inflasi, dan penanganan stunting. Bidang pembinaan ada gemar pos ketan, bina pemuda dan perempuan desa berdaya.

Pada bidang pemberdayaan ada inovasi Prabu, Pro Jagat, Gebrak Gang Desa, Kelingan dan Simata Desa. Terakhir untuk Belanja Tak Terduga dikembangkan inovasi Gedruk Bumi.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai nampak sangat bangga dan takjub dengan potensi dan inovasi yang dimiliki oleh Desa Oro-Oro Ombo. Aries mengaku, Desa Oro-Oro Ombo memiliki potensi yang sangat lengkap, sebagai desa wisata, desa kuliner, desa pusat oleh-oleh dan agrotourism.

Tak hanya itu saja, Aries juga kagum akan keberhasilan Desa Oro- Oro Ombo dalam menurunkan angka kemiskinan. Tercatat dari Tahun 2018 terdapat 234 keluarga miskin, dan tahun ini menurun sangat drastis menjadi hanya 78 keluarga yang tergolong miskin di Tahun 2022.

“Kita memberikan apresiasi sangat besar kepada kepala desa dan seluruh jajaran serta dukungan seluruh masyarakat atas keberhasilan Desa Oro-Oro Ombo. Terutama dalam penurunkan angka kemiskinan,” kata Aries.

Yang menjadi perhatian yakni keberhasilan Desa Oro-Oro Ombo meningkatkan Pendapatan Asli Desanya. Pada Tahun 2021 sebesar Rp 150 juta menjadi Rp 850 juta di Tahun 2022. Hal ini patut dicontoh oleh seluruh desa yang ada di Kota Batu dan juga daerah lainnya.

Baca Juga : Pendaftaran Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 6 Dibuka

“Keberhasilan inovasi ini akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa Oro-Oro Ombo yang Tahun 2021 ditargetkan Rp 150 juta meningkat menjadi Rp 850 juta di Tahun 2022,” terang Aries.

Pria kelahiran Sulawesi itu berharap, apapun yang menjadi hasil dari lomba ini akan menjadi motivasi bagi Pemkot Batu dan juga Pemdes dan kelurahan untuk terus maju dan berkembang dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Yang terpenting adalah bagaimana untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Aries.

Kegiatan lomba kali ini merupakan sesi pemaparan yang dilakukan Kepala Desa Oro-Oro Ombo dan Ketua TP PKK Desa Oro-Oro Ombo, Sulisytowati dihadapan Tim Penilai dari berbagai unsur yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim, Polda Jatim, BPBD Jatim dan tenaga ahli, di Ruang Amartha Lantai 3 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur di Surabaya (24/5/2023).


Topik

Pemerintahan Kota Batu pemkot batu lomba desa oro oro ombo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni