Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wagub Jatim Emil Resmikan Pasar Pon Trenggalek, Janjikan Fasilitas dengan Artificial Intelligence

Penulis : Ganez Radisa Yuniansyah - Editor : A Yahya

09 - Feb - 2021, 20:13

Placeholder
Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak tanda tangani monumen peresmian Pasar Pon Trenggalek

TRENGGALEKTIMES - Menelan anggaran Rp 69 miliar, akhirnya Pasar Pon Trenggalek diresmikan. Salah satu pasar legendaris di Trenggalek ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Selasa (9/2/2021).

Menurut Emil, dengan dibangunnya Pasar Pon kembali diharapkan mampu dongkrak kebangkitan ekonomi di Trenggalek dalam masa pandemi seperti saat ini. "Bangunan Pasar Pon ini seolah menggambarkan cita-cita masyarakat Trenggalek, yakni ingin kembali memiliki tempat yang layak akibat tergusur oleh ganasnya api saat kebakaran dua tahun kemarin," ucapnya.

Baca Juga : Polisi Amankan Pelaku Penganiaya Pria Tunawicara

Menurut Emil, Ground Breaking pada bangunan pasar telah terlaksana dengan waktu yang sangat efisien dan tentu sesuai dengan harapan banyak masyarakat.

Emil juga menerangkan bahwa untuk penataan, Emil menyerahkan kepengurusan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten. Pasalnya dengan diserahkannya kepada Pemkab, konsep pasar dan pedagang bisa sejalan. "Penataan Pasar Pon kami serahkan kembali pada Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Agar data dan pengelolaan pasar sesuai dengan kondisi masyarakatnya itu sendiri,"  tambah mantan Bupati Trenggalek.

Setelah serahkan pengelolaan pasar Pon Trenggalek, Emil menjelaskan tidak akan tinggal diam dalam hal pengembangan fasilitas pasar. Jika ada fasilitas yang kurang, nanti akan tetap dibantu oleh Provinsi Jatim. "Seperti yang terlihat, Bupati Trenggalek juga telah mampu menggaet para pemilik anggaran untuk turut berpartisipasi. Seperti adanya pihak BUMN untuk ikut pendanaan alternatif," jelasnya.

Setelah ini, sejumlah fasilitas menyusul dibangun. Seperti penggunaan Artificial Intelligence untuk cek suhu tubuh pengunjung, alur aduan masyarakat dan lain-lain. "AI tersebut untuk membantu melihat suhu tubuh pengunjung di masa wabah pandemi seperti saat ini," jelasnya.

Baca Juga : Kapolres Pamekasan Ajak Wartawan Tangkal Berita Hoaks di Peringatan Hari Pers Nasional

Perlu diketahui, Pasar Pon Trenggalek ini berdiri di atas selebar 1,2 hektar dan mampu menampung 789 pedagang. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ganez Radisa Yuniansyah

Editor

A Yahya