Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Hati-Hati Duduk Kelamaan Berisiko Bisa Bikin Pikun

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 12:27

Placeholder
Ilustrasi kepikunan pada lansia. (Foto: Alodokter)

JATIMTIMES - Siapa yang suka males gerak, atau pekerjaannya lebih banyak membutuhkan waktu untuk duduk, harap berhati-hati ya karena seringkali duduknya kelamaan bisa membuat demensia alias pikun.

Demensia adalah kondisi penurunan kemampuan berpikir dan ingatan seseorang yang umumnya terjadi pada lansia. Dokter umum yang juga aktif sebagai content creator yakni dr. Dion Haryadi membeberkan sebauh penelitian juga memberikan tips agar kepikunan tidak sampai menyerang kalian.

Baca Juga : Teganya, Lansia di Kota Malang Lakukan Cabul Berkali-Kali kepada Anak 8 Tahun Keliling di Atas Becak

“Terdapat penelitian meneliti 49.000 lansia berusia di atas 60 tahun yang lebih banyak duduk setiap harinya itu memiliki risiko demensia jauh lebih tinggi,” ungkap Dion melalui sosial medianya.

Dari penelitian tersebut memang belum bisa ditarik kesimpulan, apakah kebiasaan duduk langsung menyebabkan demensia. Namun hanya sebagai salah satu faktor risiko demensia jika sering duduk kelamaan atau mageran.

Dari penelitian tersebut bisa mengambil beberapa kesimpulan untuk mencegah dengan mulai mengurangi kebiasaan mageran dengan beberapa cara. Pertama coba berdiri dan bergerak lebih aktif setiap 30 menit sekali.

Jadi yang kerjanya kantoran lebih sering duduk bisa melakukan tips ini. Kemudian mulai olahraga rutin, ini akan bantu kalian demi menjaga massa otot dan juga kesehatan otak loh.

Baca Juga : Tren Positif Penurunan Stunting, Dinkes Kota Malang Kuatkan Kolaborasi Lintas Sektor

Selanjutnya konsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi seimbang istirahat. Terapkan juga tidur cukup yang berkualitas. Meski mudah, tapi tidak semua orang menerapkan pola hidup sehat. "Iya sih emang tipsnya itu lagi itu lagi tapi udah dilakuin apa belum?,” tutup Dion.


Topik

Kesehatan demensia pikun dion haryadi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya