Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Jalan Viral di Pronojiwo Lumajang: View Megahnya Gunung Semeru, Magnet Baru Bagi Wisatawan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 09:22

Placeholder
Jalan viral di Pronojiwo Lumajang dengan latar Gunung Semeru yang megah. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kecamatan Pronojiwo, sebuah bagian dari Kabupaten Lumajang di Jawa Timur, telah lama dikenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satu daya tarik utamanya adalah kehadiran Gunung Semeru yang gagah menjulang tinggi, menawarkan panorama alam yang luar biasa. 

Pesona alam yang memukau ini telah menarik perhatian banyak orang, terutama setelah menjadi viral di media sosial.

Baca Juga : Tersedia Paket Hemat Camping di Pantai Ngliyep, Dijamin Cocok untuk Mengisi Libur Panjang

Pengunjung yang datang ke Pronojiwo tidak hanya akan disuguhkan dengan keindahan Gunung Semeru, tetapi juga dengan beragam tempat wisata alam lainnya seperti pantai, air terjun, dan spot-spot dengan panorama yang menakjubkan. Di antara banyaknya tempat wisata, salah satu yang menjadi favorit adalah sebuah jalan di Desa Sumberurip, Pronojiwo.

Jalan ini telah menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sambil berfoto dengan latar belakang Gunung Semeru yang megah. Terletak di Desa Sumberurip, jalan ini menghubungkan Desa Oro-oro Ombo dengan jalan nasional yang merupakan rute utama antara Malang dan Lumajang. Saat pagi atau sore hari yang cerah, jalan ini dipadati oleh wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam sekitar dan berpose di tengah-tengah pemandangan yang menakjubkan.

Selain menjadi tempat berfoto, jalan ini juga menjadi rute untuk Lava Tour Semeru. Pengunjung dapat menaiki jip dan berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar. Namun, perlu diingat bahwa meskipun menjadi tempat wisata, pengunjung harus tetap memperhatikan keselamatan mereka sendiri, terutama saat hendak berfoto di tengah jalan yang cukup ramai dilalui oleh kendaraan.

Menariknya, tempat wisata ini bermula dari pembangunan jalan itu sendiri. Karena memiliki pemandangan yang sangat indah, jalan ini akhirnya menjadi tujuan wisata yang populer di kawasan Lumajang selatan. Meskipun belum memiliki nama resmi, jalan ini telah menjadi ikon dari keindahan alam Pronojiwo.

Saat ini, tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi jalan ini. Wisatawan hanya perlu turun dari kendaraan dan menikmati keindahan alam sekitar, sambil berfoto jika mereka mau. Jalan viral ini juga menjadi salah satu rute favorit bagi para penggemar jip Lava Tour Semeru yang ingin mengeksplorasi keindahan alam di sekitar Gunung Semeru.

Jika ingin mencapai tujuan tersebut dari pusat Kabupaten Lumajang, langkah pertama adalah menyusuri jalan utama Malang-Lumajang via selatan. Ketika mencapai Jembatan Gladak Perak, terus melaju lurus hingga menemui plang bertuliskan “SDN Oro-oro Ombo” di sebelah kanan jalan. 

Setelah melihat plang tersebut, tinggalkan jalan utama dan belok kanan di pertigaan yang cukup sempit, yang dapat dikenali dengan adanya marka di tengahnya.

Teruskan perjalanan lurus selama sekitar 5 menit. Setelah melewati areal persawahan, Anda akan tiba di jalan viral Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Dari sini, perjalanan akan semakin dekat dengan tujuan Anda: jalan viral denga pemandangan Gunung Semeru yang Instagramable.

Dengan pesona alam yang memukau dan kemudahan akses untuk menuju ke tempat ini, tidak heran jika jalan viral di Pronojiwo, Lumajang, terus menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam Indonesia yang tiada tara.

Keindahan alam yang memukau dan kemudahan akses untuk mencapai tempat ini telah menjadikan jalan viral di Pronojiwo, Lumajang, sebagai salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan yang haus akan petualangan dan keindahan alam yang tiada tara. 

Pesona alam yang mengagumkan di kawasan ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga menarik para pelancong dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan keajaiban alam Indonesia dengan mata kepala mereka sendiri.

Tidaklah mengherankan jika jalan ini terus menjadi magnet bagi para pencari petualangan dan penggemar alam. Setiap kunjungan ke sini adalah sebuah petualangan baru, sebuah kesempatan untuk merasakan keindahan alam yang mempesona dan mengagumkan. 

Dan meskipun banyak yang datang dan pergi, pesona alam di Pronojiwo akan selalu tetap sama, menunggu untuk disaksikan oleh mereka yang berani mengeksplorasi keajaiban alam yang tiada tara ini.

Dengan kemudahan akses yang dimilikinya, jalan viral di Pronojiwo, Lumajang, adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang ingin menyaksikan keindahan alam Indonesia yang sesungguhnya. Sebab di sini, di antara gemerlapnya alam, Anda akan menemukan kedamaian dan keindahan yang tidak akan pernah Anda lupakan.


Berikut  beberapa tips untuk berwisata ke jalan viral Pronojiwo:
1.    Perencanaan Perjalanan

Sebelum berangkat, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik. Tentukan waktu yang tepat untuk berkunjung, periksa cuaca, dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. 

Baca Juga : Profil Andrew Andika, Pesinetron Viral yang Dituding Selingkuh Saat Istrinya Hamil

Juga, pastikan Anda membawa barang-barang yang diperlukan seperti air minum, makanan ringan, peta atau GPS, serta kamera untuk mengabadikan momen-momen indah.


2.    Kenali Akses dan Rute

Pahami dengan baik rute dan akses menuju jalan viral Pronojiwo. Meskipun aksesnya relatif mudah, penting untuk mengetahui rute yang tepat agar tidak tersesat. Anda dapat menggunakan peta atau GPS untuk membantu navigasi.


3.    Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu kunjungan yang tepat, terutama saat cuaca cerah. Pemandangan Gunung Semeru akan terlihat lebih jelas dan indah saat langit bersih. Juga, hindari berkunjung saat musim hujan karena kondisi jalan bisa menjadi sulit dilalui.


4.    Berhati-hati di Jalan

Karena jalan ini cukup ramai dilalui oleh kendaraan, pastikan Anda berhati-hati saat berjalan di sekitar jalan viral Pronojiwo. Selalu perhatikan lalu lintas dan hindari berfoto di tengah jalan yang sedang dilalui kendaraan.


5.    Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti air minum, topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari, serta alas kaki yang nyaman untuk berjalan.


6.    Hormati Lingkungan

Selalu hargai dan hormati lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan jaga kebersihan tempat wisata. Biarkan alam tetap asri dan indah untuk dinikmati oleh pengunjung lainnya.


7.    Nikmati Setiap Momen

Terakhir, nikmatilah setiap momen di jalan viral Pronojiwo. Ambil waktu untuk merasakan keindahan alam, berinteraksi dengan penduduk lokal, dan menciptakan kenangan tak terlupakan selama perjalanan Anda.


Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda akan dapat menikmati pengalaman berwisata yang menyenangkan dan aman di jalan viral Pronojiwo, Lumajang. Selamat menjelajahi keindahan alam yang memukau!


Topik

Wisata Pronojiwo Lumajang wisata Lumajang Gunung Semeru



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni