Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Coaching, Upaya Prodi PAI UIN Maliki Malang Dongkrak Prestasi Mahasiswa

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

17 - Apr - 2024, 19:58

Placeholder
Kegiatan coaching 33 mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Maliki Malang dalam upaya mendongkrak capaian prestasi mahasiswa (ist)

JATIMTIMES - Dalam upaya mendongkrak prestasi para mahasiswa, berbagai upaya strategis dilakukan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Seluruh fakultas maupun Program Studi (Prodi) yang ada gencar melakukan pembinaan guna menyiapkan mahasiswa unggul yang siap berlaga dalam berbagai tingkatan kompetisi.

Seperti halnya yang dilakukan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (PAI FITK) UIN Maliki Malang. Dalam upaya menggejot prestasi mahasiswa, Prodi PAI FITK UIN Malang melakukan kegiatan coaching mahasiswa semester  2 dan 4 yang berjumlah 33 mahasiswa di ruang ICLC (international Cyber Learning Class) Gedung Microteaching baru-baru ini.

1

Kegiatan coaching ini, tentunya sangatlah memiliki dampak yang signifikan untuk regenerasi mahasiswa berprestasi. Dalam coaching ini, terdapat penambahan bidang pembinaan prestasi. Tiga bidang prestasi yang menjadi fokus pembinaan adalah media pembelajaran, muballigh/da’I, dan qiraatul kutub. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Mengaku akan Dimajukan Kembali di Pilkada 2024, Ini Sosok Pendampingnya

"Alhamdulillah tahun 2024 ini bidang pembinaan prestasi bertambah dari tahun sebelumnya, terdapat tiga bidang yakni media pembelajaran, muballigh, dan qiraatul kutub," jelas Kepala Prodi (Kaprodi) PAI Mujthaid MAg.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa dari total 33 mahasiswa yang mengikuti coaching, paling banyak mengikuti coaching bidang qiraatul kutub. Kemudian, ada 13 mahasiswa yang minat dan bakatnya lebih kepada pembinaan dalam media pembelajaran. Sementara, ada 5 mahasiswa yang mengikuti pembinaan menjadi mubaligh.

Dalam kegiatan coaching ini, Prodi PAI mendatangkan pelatih yang berkompeten pada masing-masing bidang.  Selain itu, dalam proses coaching, para pelatih direkrut dan ditetapkan berdasarkan prinsip kolaborasi antara praktisi dan dosen yang berpengalaman mendampingi lomba mahasiswa. 

Pelatih yang berasal dari praktisi, yakni Ali Hasan Assidiqi melatih bidang muballigh, Ibda Wahyu Setiana melatih bidang media pembelajaran, dan Dini Sadiah melatih bidang qiraatul kutub. Sedangkan dosen PAI yang turut melatih yakni Dr H. Sudirman MAg, Faridatun Nikmah MPd, Ainatul Mardiyah SKom, Dr Laily Nur Arifa MPdI, Abdul Ghaffar MThI dan Benny Afwadzi MHum.

2

Mujthajid melanjutkan, bahwa dalam upaya mendongkrak prestasi mahasiswa ini, tentunya dilakukan  secara totalitas dan membutuhkan komitmen bersama. Artinya niat dan semangat tinggi wajib dijaga dan terus dirawat agar muncul asah, asih dan asuh yang menggelora. 

Baca Juga : Akademisi UIN Maliki Malang: Ayah Punya Peran Penting dalam Pengasuhan Anak

"Fakultas mensuport penuh setiap mahasiswa yang akan mengikuti lomba, baik tingkat nasional maupun internasional," ungkap Mujtahid.

Pihaknya juga mendorong para mahasiswa untuk aktif mencari berbagai macam informasi yang berkaitan denga perlombaan, baik itu ajang nasional maupun internasional. Tentu, peran aktif mahasiswa ini juga menjadi bentuk responsibilitas atas kegiatan coaching dan menunjukkan motivasi mahasiswa untuk menorehkan prestasi.

"Jadilah mahasiswa yang kontributif bagi pengembangan diri khususnya dan bagi institusi umumnya," pesannya.


Topik

Pendidikan uin maliki malang coaching mahasiswa pai fitk uin maliki malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana