Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Tinjau Perekaman e-KTP Siswa, Pj Wali Kota Malang Ajak Pemilih Pemula Tak Golput

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Feb - 2024, 10:43

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau perekaman e-KTP di SMA Tugu.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengajak kalangan siswa yang menjadi pemilih pemula untuk dapat bersikap bijak terkait Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Dirinya pun berpesan agar para pemilih pemula bisa turut menyalurkan hak suaranya dan tidak golput. 

Hal itu disampaikan Wahyu saat meninjau pelaksanaan program jemput bola administrasi kependudukan (adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di kawasan SMA Tugu Kota Malang, Senin (5/2/2024). 

Baca Juga : 877 Pejabat Pemprov Jatim Belum Lapor Harta Kekayaan, Bakal Kena Sanksi Jika Lampaui 31 Maret 2024

"Tadi sudah kami sampaikan karena memang mereka adalah pemilih pemula tentu ini juga akan bisa mencerminkan tanggung jawab mereka untuk bisa memberikan suaranya," ujar Wahyu, Senin (5/2/2024). 

Lebih lanjut menurutnya, suara dari para pemilih pemula juga dibutuhkan dalam menyukseskan Pemilu. Sehingga, dirinya juga berpesan agar hal itu dapat dipahami oleh para pemilih pemula. Bahwa suara yang disalurkan nanti juga turut menentukan masa depan bangsa. 

"Termasuk juga dengan suaranya akan menentukan masa depan mereka juga bagaimana untuk negara kita. Nah ini diawali dari Pemilih Pemula," jelas Wahyu.

Informasi yang dihimpun media ini, dalam kesempatan tersebut, kurang lebih ada sekitar 900 siswa yang akan melakukan perekaman e-KTP. Dan untuk siswa di SMA 1, 3 dan 4 Kota Malang. Sementara pelaksanaannya akan dilangsungkan selama dua hari.

Di sisi lain, Wahyu juga berpesan agar bagi siswa yang menjadi pemilik KTP pemula, bisa lebih bijak dan bertanggung jawab. Sebab KTP sendiri nantinya juga akan berfungsi untuk berbagai kebutuhan siswa yang bersangkutan. 

Baca Juga : Pernyataan Sikap Sivitas Akademika UB Terhadap Ancaman Demokrasi Diundur Besok

"Untuk itulah kami tadi juga memberikan beberapa pesan kepada mereka agar bisa memanfaatkan dengan bijak. Karena mulai dari untuk menentukan sekolah, kerjaan, termasuk untuk Pemilu besok ini mereka sudah bisa menggunakan E KTP tersebut," terang Wahyu. 

Selain itu, dirinya juga berpesan agar siswa bisa tetap menjaga KTP nya sebagai privasi. Tentu dalam hal ini agar KTP yang memuat identitas diri tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Jadi harus jaga benar-benar tidak boleh dipinjamkan, kemudian privasinya tetap dijaga, amanah, dan lain lain," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan Dispendukcapil Kota Malang e ktp pemilih pemula wahyu hidayat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri