Usai di Qishas, Allah Jadikan Makhluk Ini Tanah | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Usai di Qishas, Allah Jadikan Makhluk Ini Tanah

Aug 03, 2022 08:25
Ilustrasi hewan (pixabay)
Ilustrasi hewan (pixabay)

JATIMTIMES - Setiap makhluk hidup, pastinya akan mati. Di akhirat nanti semua makhluk akan dibangkitkan, termasuk juga hewan. Hal ini agar makhluk tersebut mempertanggungjawabkan perbuatan selama hidup sampai pada apakah mereka masuk ke surga atau neraka. 

Lantas adakah hewan masuk neraka? Diolah dari Magenta Islam, Allah SWT berfirman, "Apabila binatang-binatang dikumpulkan. Tiada binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah kami akan apakan sesuatu dalam Al-kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka kami himpunkan" (QS Al Anam 38).

Baca Juga : Anggota DPRD Kota Malang Serap Aspirasi Masyarakat di Peringatan 1 Muharram 1444 H

Ibnu Abbas RA menyampaikan, "Semua mahluk akan dikumpulkan, sampai lalat (Tafsir Ibnu Katsir)". 

Pembangkitan tentunya untuk qishas atau hari pembalasan atas segala perbuatan yang dilakukan selama di dunia. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,"Ssungguh semua hak akan dikembalikan kepada pemiliknya di hari kiamat, sampai Qishas dari kambing yang tidak punya tanduk, kepala kambing bertanduk (yang pernah menanduk)" (HR Ahmad dan Muslim).

Setelah selesai di Qishas, mereka dijadikan debu. Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, "Allah akan menegakkan qishas antar semua makhluknya, Jin, manusia dan binatang. Pada hari itu akan di qishas dari kambing yang tidak memiliki tanduk untuk membalas kambing bertanduk. Setelah tidak tersisa lagi kezaliman apapun yang belum terbalaskan". 

Allah berfirman kepada binatang, "Jadilah tanah". Di saat itulah orang-orang kafir mengatakan, "Andai aku menjadi tanah"(HR Ibnu Jarir dalam tafsirnya dan di shahihkan Al Albani).

Baca Juga : Tangis Haru dan Bahagia Keluarga Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Banyuwangi

Hadist ini menjelaskan, bahwa hewan dibangkitkan oleh Allah SWT. Hanya saja mereka tidak mendapatkan balasa pahala atau hukuman. Mereka (hewan) tidak berakal) tetapi tetap di qishas dan wujudnya dijadikan tanah. Sehingga menjadi rahasia Allah SWT bintang masuk ke surga atau neraka. Wallahualam bissawab. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
qishas hari pembalasan

Berita Lainnya