Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Gus Baha: Hafal Satu Surat Ini Bisa Jadi Penyelamat Siksa Kubur

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

05 - May - 2022, 15:52

Placeholder
Gus Baha (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ada satu surat dalam Alquran yang disebut bisa menjadi penyelamat kita dari siksa kubur kelak. 

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan, surat itu bisa menyelamatkan dari siksa kubur jika kita hafal. Lantas apa surat di dalam Alquran yang dimaksud Gus Baha?

Dikutip dari kanal YouTube Kalam-Kajian Islam, berikut ulasannya: 

Baca Juga : 5 Negara Ini Cinta Mati dengan Kerupuk Indonesia, Ada Yang Rela Barter dengan Pesawat Tempur

Gus Baha mengatakan, dengan menghafal  surat tersebut dengan baik, maka siksa kubur tidak akan mendera kita atau menjadi penyelamat siksa kubur. “Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian dan tidak akan kekal di dunia. Setiap yang meninggal tentu akan dikuburkan,” kata Gus Baha. 

Di alam kubur akan ada malaikat yang akan bertanya tentang amalan dan perbuatan dosa kita. Bahkan siksa kubur tidak akan lepas dari setiap manusia yang berdosa.

Namun, dengan menghafal surat itu, meskipun tergolong orang yang fasik serta pernah membuat dosa, kita masih bisa selamat dari siksa kubur. 

Disebutkan Gus Baha, bahwa  surat itu adalah Surat Tabarak. Gus Baha menjelaskan Surat Tabarak akan menyelamatkan orang yang sering berbuat fasik dan dosa di masa hidupnya. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Saat menginggal dan dikuburkan, surat ini akan menjadi penyelamat baginya dari siska kubur yang pedih. Menurut Gus Baha, malaikat tidak akan menyiksa orang-orang yang hafal Surat Tabarak.

"Surat Tabarak akhirnya menjelma menjadi seorang gagah berani. Kamu nggak boleh nyiksa orang ini. Saya ini kalamullah," kutip Gus Baha.

Gus Baha mengaku mempelajari khasiat dahsyat Surat Tabarak itu dari kitab tafsir Ibnu Katsir. 


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy