Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Dinsos Pemkab Blitar Beri Pelatihan Korban Erupsi Semeru, Ubah Baju Bekas Jadi Barang Bernilai Ekonomis

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

03 - Feb - 2022, 12:16

Placeholder
Dinsos Pemkab Blitar memberikan Pelatihan Pemanfaatan Pakaian Bekas Tidak Layak Pakai di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.(Foto : Pemkab Blitar)

JATIMTIMES - Bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali diberikan Pemerintah Kabupaten Blitar. 

Selain bantuan logistik, Pemkab  Blitar melalui Dinas Sosial juga memberikan bantuan berupa modal sosial. Kali ini Dinas Sosial Kabupaten Blitar bersama Pos Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Provinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Pakaian Bekas Tidak Layak Pakai di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kamis (3/2/2022). 

Baca Juga : Klinik Fertilitas RSI Aminah Blitar Sukses Gelar Seminar Awam Program Kehamilan

 

Pelaksanaan kegiatan ini juga bersinergi dengan TAGANA Kabupaten Lumajang, TAGANA Kabupaten Malang, PKH Kabupaten Blitar dan PKH Kabupaten Lumajang.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar Tuti Komaryati menyampaikan, dalam pelatihan ini Kabupaten Blitar bertindak sebagai narasumber. Dalam pelatihan ini baju-baju tidak layak pakai dijadikan barang bernilai guna dan memiliki manfaat ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Bencana Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang banyak menumbuhkan empati dari banyak pihak. Bantuan sandang, pangan, material dan lainnya banyak mengalir ke Lumajang.

Namun ada beberapa pihak yang dalam membantu belum sempat menyeleksi bantuannya. Sehingga kurang bermanfaat dan kurang bisa dimanfaatkan penyintas APG Semeru. Terutama Pakaian bekas kurang layak pakai yang banyak menumpuk di posko - posko bantuan, bahkan di banyak rumah - rumah warga.

“Pakaian bekas tersebut akan dipotong-potong, lalu dipisahkan berdasarkan warna, dijahit membentuk renda. Selanjutnya renda dijahit ke kain alas membentuk pola atau karakter yang diinginkan. Bisa membentuk karakter Hello Kitty, Tayo the Little Bus, Doraemon, tanda cinta dan lainnya. Hasilnya juga keset jahit dari kain perca,” kata Tuti kepada JATIMTIMES.

Dalam pelatihan ini, Dinas Sosial Kabupaten Blitar berkoordinasi dengan Tim TAGANA, Pendamping PKH dan Relawan Guru Ngaji Kabupaten Blitar. Sedangkan fasilitator kegiatan ini adalah tim Instruktur dan anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) An Nisa Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Kolaborasi Anggota DPRD Jatim Guntur Wahono dan Ansor Kabupaten Blitar Lahirkan Koperasi Giras

 

Sebagai informasi KUBE An-Nisa pernah mendapatkan penghargaan Juara 2 KUBE Terbaik Tingkat Propinsi Jawa Timur. Sampai dengan saat ini kegiatan KUBE tetap berjalan baik dan dapat menopang ekonomi anggotanya.

Dalam kesempatan ini juga dibentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.  Bantuan stimulant berupa 5 Mesin Jahit Listrik juga diberikan agar peserta pelatihan kedepan semakin berkembang menekuni kerajinan ini dan sukses dalam berwirausaha.

“Untuk pemasaranya nanti akan dibantu oleh teman-teman di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya termasuk Kabupaten Malang. Semoga apa yang kami berikan hari ini memberikan manfaat untuk warga di Desa Supiturang Kabupaten Lumajang,” pungkas Tuti.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana