Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Temuan Sampah di Saluran Drainase Buat Petugas DPUPRPKP Kota Malang Geleng Kepala

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

16 - Feb - 2021, 17:46

Placeholder
Nampak tumpukan sampah yang ditemukan disaluran drainase dikawasan Kelurahan Penanggungan (Ist)

MALANGTIMES - Satuan Tugas (Satgas) Drainase Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, rutin menjalankan normalisasi drainase. Seperti terlihat hari ini, Selasa (16/2/2021). 

Satgas Drainase DPUPRPKP Kota Malang melakukan normalisasi saluran di kawasan Jalan Terusan Bogor, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen. Hasilnya, Satgas Drainase DPUPRPKP kembali dibuat geleng kepala.

Temuan-Sampah-di-Saluran-Drainase-Buat-Petugas-DPUPRPKP-Kota-Malang-Geleng-Kepala-1852141ab8b6150f2.jpg

Pasalnya, ketika melakukan normalisasi di kawasan tersebut, onggokan-onggokan sampah, mulai dari plastik, botol, kain, sterofoam hingga bola bekas, ditemukan dari dalam saluran drainase. Bahkan jika dikumpulkan, sampah tersebut mencapai satu bak truk.

Baca Juga : PPKM Mikro Tulungagung, Zona Kuning Terbanyak di Kecamatan Kedungwaru

Kabid Bina Marga DPUPRPKP Kota Malang Eko Setyo Mahanani membenarkan jika dalam kegiatan hari ini, personel Satgas DPUPRPKP kembali mengangkat sampah-sampah dari saluran drainase yang jumlahnya begitu banyak.

"Banyak sampah yang ditemukan. Hal ini membuat kita geleng kepala," ucapnya.

Temuan-Sampah-di-Saluran-Drainase-Buat-Petugas-DPUPRPKP-Kota-Malang-Geleng-Kepala-319c4030cea422731.jpg

Pihaknya sangat menyayangkan akan perilaku oknum-oknum masyarakat yang selama ini masih tetap belum sadar untuk menjaga lingkungan. Bahkan mereka justru menjadikan saluran drainase sebagai tempat pembuangan sampah.

"Padahal selama ini juga telah banyak imbauan-imbauan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Kami harapkan masyarakat benar-benar menjaga lingkungan dan tidak menjadikan saluran drainase itu sebagai tempat pembuangan sampah," tegasnya.

Sementara itu, meskipun dengan jumlah personel yang terbatas, Satgas DPUPRPKP Kota Malang tetap berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan normalisasi saluran yang ada di wilayah Kota Malang.

"Dengan personel 12, kemudian harus berkejaran dengan banyaknya titik genangan. Makanya kadang kewalahan teman-teman ini," jelasnya.

Temuan-Sampah-di-Saluran-Drainase-Buat-Petugas-DPUPRPKP-Kota-Malang-Geleng-Kepala-289005d1836704e98.jpg

Namun meskipun begitu, di tengah keterbatasan personel itu, pihaknya tetap selalu berupaya maksimal untuk menyelesaikan titik genangan hingga tuntas. Karena itu, tak jarang para petugas seringkali harus lembur dan berjibaku dengan sampah dan air untuk kelancaran saluran drainase.

Baca Juga : Netizen Ramai Singgung Dana Rp 9 Miliar untuk Museum SBY-Ani di Pacitan

"Yang jelas kami tetap berupaya semaksimal mungkin mengerjakan normalisasi saluran drainase dan titik-titik yang dilaporkan masyarakat sampai selesai," pungkasnya.

 

 

 

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana