Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangi 3 raperda yang disetujui oleh DPRD Kota Batu dan Pemkot Batu, di Lantai 5 Balai Kota Among Tani, Senin (14/9/2020). (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangi 3 raperda yang disetujui oleh DPRD Kota Batu dan Pemkot Batu, di Lantai 5 Balai Kota Among Tani, Senin (14/9/2020). (Foto: istimewa)

Meski di era New Normal pandemi Covid-19 rapat paripurna tetap diselenggarakan. Kali ini penyelenggaran rapat paripurna diselenggarakan melalui Video Conference. Ada 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Batu disahkan oleh DPRD Kota Batu dan Pemkot Batu meski dilakukan masing-masing ruangan, Senin (14/9/2020).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, Raperda Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan bertujuan untuk menjamin hak masyarakat dalam layanan pembelajaran dan literasi melalui perpustakaan yang layak dan terstandarisasi. Dengan demikian, perpustakaan dapat mendukung budaya membaca dan meningkatkan tingkat literasi masyarakat Kota Batu.

Baca Juga : Gunung Kidul Pertegas Kawasan Tanpa Rokok di Tempat Publik

“Raperda ini untuk mendukung Kota Batu sebagai kota literasi sehingga perlu diwujudkan perda ini agar ke depan pelayanan juga bisa maksimal,” ungkapnya.

Lalu Raperda Kawasan Tanpa Rokok lanjutnya, untuk memberikan ruang yang sehat bagi masyarakat Kota Batu tanpa khawatir dengan asap rokok. Raperda tersebut akan mengatur bagaimana aktivitas merokok agar tidak menghilangkan hak masyarakat menghirup udara sehat.

“Dan raperda ini juga akan mengatur kawasan merokok pada area publik dan ruang terbuka. Hal itu bertujuan agar asap rokok tidak mencemari orang lain,” imbuh istri Eddy Rumpoko ini.

Sedangkan Raperda perubahan Perda no. 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah. Raperda perubahan ini dibuat atas perintah surat menteri dalam negeri, bahwa perubahan nomenklatur ini dimaksud untuk penguatan terhadap tugas, dan fungsi pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga : Pansus DPRD Percepat Penyelesaian Raperda Kelembagaan

Sementara itu meski disahkannya rapeda secara terpisah, rapat Paripurna ini tetap dilaksanakan dengan protokol pencegahan pandemi virus Covid-19. Kemudian dilakukan cek suhu tubuh, hingga wajib membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan memakai masker.