Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Apa yang Dibaca Saat Mencium Hajar Aswad?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

27 - May - 2024, 11:49

Placeholder
Penampakan Hajar Aswad di Kabah, Masjidil Haram, Mekah. (Foto: Suara Muhammadiyah)

JATIMTIMES - Mencium Hajar Aswad adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang sedang melakukan ibadah haji atau umrah di Masjidil Haram, Makkah. 

Diketahui, Hajar Aswad adalah batu hitam yang terletak di sudut timur Kabah, yang memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Lantas apa yang dibaca saat mencium Hajar Aswad?

Baca Juga : Puluhan Tambang Tamami Group Situbondo Ditargetkan Beroperasi Tahun 2024

Dalam Hasyiyah I’anah ath-Thâlibîn karya Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syato’ ad-Dimyâthi, juz 2, 337 karya Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syata’ ad-Dimyâthi, disebutkan doa ketika melihat, menyentuh, atau mencium Hajar Aswad:

بِسْمِ اللهِ ، وَاللهُ أَكْبَر اللَّهُمَّ إِيمَاناً بِكَ ، وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِكَ ، وَوَفَاءً بِعَهْدِكَ ، وَاتِّبَاعاً لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عليه وسلم

Bismillâhi wa-Llâhu akbar allâhumma îmânan bika wa tashdîqan bikitâbika wa wafâ’an bi ‘ahdika wat tibâ‘an li sunnati nabiyyika muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Allah maha besar. Ya Allah, seraya iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, menepati janji kepada-Mu, serta mengikuti sunah Nabi-Mu, Muhammad Saw.

Jika doa di atas tidak memungkinkan atau belum dihafalkan, jemaah bisa juga membaca doa dalam bahasa Indonesia atau bahasa masing-masing. Misalnya, Wahai Hajar Aswad saksikanlah bahwa aku iman kepada Allah dan Rasulullah, percaya kepada Al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad.

Selain itu, saat mendekati dan mencium Hajar Aswad, Rasulullah juga membaca berikut ini. 

1. Bismillah Allahu Akbar (Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar)

Baca Juga : Sultan Agung dan Perangnya: Perkuat Mataram dengan Penaklukan Kerajaan Giri

Ini adalah bacaan yang disunnahkan saat memulai mencium Hajar Aswad. Dengan membaca "Bismillah Allahu Akbar," di mana seseorang memulai tindakan mencium batu suci tersebut dengan mengagungkan nama Allah.

2. Laa ilaha illallah, Wahdahu laa syarikalah, Lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumiitu wa huwa 'ala kulli shay-in qadir (Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan segala puji, yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu)

Bacaan ini disunnahkan untuk diucapkan sebelum atau setelah mencium Hajar Aswad, mengingatkan kita pada kebesaran dan keesaan Allah SWT.

Sebagai informasi tambahan, mengusap Hajar Aswad adalah sunnah. Jemaah sebaiknya mencium hajar aswad ketika rampung rukun manasik, dan fokus untuk menunaikan rukun haji atau rukun umrah terlebih dahulu. Agar stamina tetap terjaga saat menjalankan rukun haji.


Topik

Agama doa di mekah hajar aswad haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri