Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Teka-teki Kelanjutan Jacking Bondowoso, DPUPRPKP Kota Malang Tetap Review DED

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

26 - May - 2024, 09:47

Placeholder
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto saat ditemui awak media (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Keberlanjutan proyek drainase jacking masih menjadi tanda tanya meski Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah memenangkan gugatan di Mahkamah Agung (MA) beberapa waktu lalu. 

Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang masih melakukan review pada detail engineering design (DED) proyek jacking sebelumnya.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca 26 Mei: Hujan Lokal Masih Mengguyur Sebagian Jatim Siang-Sore

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan review terhadap DED proyek jacking. Karena pihaknya menganggap DED proyek tersebut memang harus ditarik dan dilakukan review ulang.

Jacking itu kan sudah lama, dan kami nyatakan secara fungsi memang belum selesai. Kelanjutannya kita tidak bisa menggunakan DED yang lama dan harus ditarik dan di review. Mana yang perlu perubahan, sehingga nanti perhitungan anggaran DED itu akan diketahui,” kata Dandung.

Menurut Dandung proyek jacking memang harus dilakukan di Jalan Bondowoso untuk mengurangi debit air yang meluap ke permukaan ketika hujan tiba di sekitar wilayah tersebut.

Dandung pun mengaku saat ini pihaknya tidak bisa menerka anggaran yang dibutuhkan untuk jacking. Sebab proses review harus dilakukan dengan baik.

Saya belum bisa ngomong tentang anggaran, karena kita mau pakai teknologi apa, jacking atau bukan itu juga berpengaruh, karena kemarin itu memang jacking tapi teknologi yang digunakan bukan jacking. Jecking itu kan ngebor, kemarin itu kan gali,” beber Dandung.

Baca Juga : Mendes PDTT Dukung Percepatan Sertifikat Pantai Balekambang

Ke depan, Dandung mengaku pihaknya tetap akan menggunakan jacking. Namun pihaknya masih akan melihat, apakah memungkinkan dengan kondisi yang ada saat ini.

“Yang jelas menurut saya mending menamakan drainase Bondowoso biar bisa berfungsi,” ujar Dandung.

“Tahun ini mungkin masih review, kemungkinan tahun depan bisa dikerjakan. Itupun kalau ketersediaan anggaran juga ada, semua masih ada keterkaitannya dengan kondisi,” imbuh Dandung mengakhiri.


Topik

Pemerintahan DPUPRPKP Kota Malang kota malang jacking bondowoso Dandung Djulharjanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri