Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

165 PPK Pilkada Kabupaten Malang Dilantik, 70 Persen Wajah Lama

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2024, 19:20

Placeholder
Sebanyak 165 PPK saat dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini pada Kamis (16/5/2024). (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 165 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Malang resmi dilantik, Kamis (16/5/2024). Dari ratusan anggota PPK yang menjalani pelantikan di ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang tersebut, wajah lama mendominasi.

"Dari 165 PPK yang dilantik, sekitar 70 persen di antaranya merupakan wajah lama. Nantinya, para PPK yang telah dilantik ini akan bertugas pada penyelenggaraan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Malang  2024," ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang Anis Suhartini, saat memberikan sambutan dan arahan dalam  prosesi pelantikan, Kamis (16/5/2024).

Baca Juga : Masih Bersengketa Jadi Alasan KPU Belum Tetapkan DPRD Kota Malang Terpilih

Lebih lanjut, komisioner KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, 165 PPK yang telah dilantik tersebut nantinya akan bertugas di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Artinya, satu kecamatan akan ditugaskan sebanyak lima anggota PPK.

"Masa kerja petugas PPK ini sejak 16 Mei 2024 sampai dengan 27 Januari 2025," ungkap ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) itu.

Komisioner KPU Kabupaten Malang yang karib disapa Dika ini menambahkan, dari sekitar delapan bulan masa baktinya, para PPK akan bertugas sejak sebelum pemungutan suara hingga setelah pemungutan suara pada Pilkada Kabupaten Malang 2024.

"Jadi, enam bulan sebelum pemungutan suara dan dua bulan setelah pemungutan suara," ujar Dika.

Agenda pelantikan PPK dipimpin langsung oleh ketua KPU Kabupaten Malang. Perwakilan PPK dilantik dengan didampingi oleh rohaniawan. Setelah pelantikan berlangsung, perwakilan PPK kemudian membacakan pakta integritas.

Agenda pelantikan PPK tersebut juga turut dihadiri sejumlah pihak. Di antaranya para komisioner KPU Kabupaten Malang, Ketua Divisi SDM & Litbang KPU Jawa Timur (Jatim) Eka Wisnu Wardana, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, jajaran Forkompinda dan Bawaslu Kabupaten Malang, hingga para camat se-Kabupaten Malang.

Baca Juga : Sepuluh PPK yang Melanggar Kode Etik 'Diparkir' KPU Banyuwangi

Dalam sambutannya, Didik berharap anggota PPK bisa segera beradaptasi. Di sisi lain, wajah lama yang mendominasi anggota PPK di Pilkada Kabupaten Malang 2024 juga diharapkan untuk menyalurkan ilmu dan pengalamannya selama bertugas sebagai PPK.

"Insya Allah mereka yang sudah dilantik bisa menjadi pelaksana lilkada yang baik. Sehingga ke depan, proses pilkada bisa berjalan lancar, aman dan tentunya dapat berlangsung dengan bebas dan rahasia yang harus terus terjaga," ujarnya.

Selanjutnya, Didik menekankan kepada petugas PPK untuk segera berkoordinasi dengan para jajaran camat. Yakni berkoordinasi terkait kantor PPK di setiap kecamatan yang  sebagian di antaranya berada di kawasan kantor kecamatan.

Sehingga, bilamana ada yang kurang atau perlu dibenahi, seluruh petugas PPK bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum akhirnya bertugas pada Pilkada Kabupaten Malang 2024. "PPK ini kan sudah ada (kantor, red), mereka mesti harus di sana, kantor yang lama. Sehingga perlu ada persiapan tentunya," pungkas Didik.


Topik

Politik PPK Kabupaten Malang Pilkada Kabupaten Malang KPU Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy