Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilgub Jatim 2024

Dua Tokoh Perempuan di Jatim Unggul di Polling Pilgub Jatim 2024

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

10 - May - 2024, 17:11

Placeholder
Kolase foto Petahana Gubernur Jatim Khofifah dan Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur bakal diselenggarakan sesuai dengan jadwal Pilkada serentak November 2024 mendatang. Pilkada 2024 serentak dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. 

Ada beberapa bakal calon Gubernur Jawa Timur potensial yang sudah masuk bursa Pilgub Jatim. Di antaranya  Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, Tri Rismaharini-Achmad Fauzi Wongsojudo, hingga Thoriqul Haq-Indah Amperawati Masdar.

Baca Juga : Bentuk KUB Bersama, Bank Jatim Teken Shareholder Agreement dengan Pemprov NTB dan Bank NTB Syariah 

Berdasarkan hasil polling penjaringan Bakal Calon Gubernur Jawa Timur 2024 yang dilakukan tim Jatim Times Network (JTN) sejak Rabu (24/4) pukul 10.00 WIB, update per-Jumat (10/5) menunjukkan petahana Khofifah Indar Parawansa masih dominan dengan 30 persen. 

Disusul polling tertinggi kedua, Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos) RI dengan 20%. Sementara posisi ketiga, Saifullah Yusuf yang kini menjadi Wali Kota Pasuruan di angka 10%. 

Untuk diketahui, nama-nama yang tercantum dalam penjaringan tim JTN merupakan tokoh populer yang digadang-gadang bakal maju menjadi Bakal Calon Gubernur Jawa Timur 2024. Tidak menutup kemungkinan, jika nama-nama yang tercantum adalah usulan dari pembaca JatimTIMES. 

Adapun hasil polling JTN sesuai nama yang disodorkan dalam polling Calon Gubernur Jawa Timur 2024, dari yang tertinggi hingga terendah, adalah sebagai berikut. 

1. Khofifah Indar Parawansa (30%)

2. Tri Rismaharini (20%)

3. Saifullah Yusuf (10%)

4. Thoriqul Haq (Bupati Lumajang) (8%)

5. Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) (7%)

6. Emil Elistianto Dardak (7%)

7. Achmad Fauzi Wongsojudo (Bupati Sumenep) (6%)

8. La Nyalla Mattaliti (Ketua DPD RI) (6%)

7. Kaesang Pangarep (Ketua PSI) (1%)

8. Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa) (1%)

9. Abdullah Azwar Anas (0%)

10. Heru Cahyono (Mantan Sekda Provinsi Jatim) (0%)

11. Muhammad Sarmuji (Anggota DPE RI Fraksi Golkar) (0%)

12. Dr. H. Anwar Sadad, M.Ag (Pesantren Sidogiri) (0%)

13. Edi Baskoro (0%)

14. Said Abdullah (Ketua Banggar DPR RI) (0%)

15. Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A (Ketua Pergunu Indonesia) (0%)

16. Ika Puspitasari (Ning Ita/Wali Kota Mojokerto) (0%)

17. Puti Guntur Soekarno (Anggota DPR RI) (0%)

18. Mudjidah Wahab (Mantan Bupati Jombang) (0%)

Di peringkat teratas polling Pilgub Jatim 2024 dominan pada sosok petahana Khofifah Indar Parawansa. Hingga saat ini, ada sejumlah empat partai yang telah mengumumkan dukungannya untuk Khofifah Indar Parawansa. Di antaranya Golkar, Demokrat, PAN, dan Gerindra.

Sementara di polling tertinggi kedua Pilgub Jatim 2024 ada Tri Rismaharini (20%). Perempuan yang akrab disapa Bu Risma ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dua periode 2010-2015 dan 2016-2020. Sehingga dipastikan politisi PDIP tersebut memiliki basis pendukung di Surabaya. 

Baca Juga : Masuk 4 Besar Polling Calon Wali Kota Batu, Heli Suyanto: Tunggu Petunjuk Partai dan Aspirasi Masyarakat

 

Meski demikian, hasil polling Bakal Calon Gubernur Jatim 2024 masih bisa berubah seiring dengan aspirasi masyarakat dan pembaca JatimTIMES.  


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri