Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Dua Pantai Terindah di Malang Ini, Jadi Favorit Keluarga untuk Liburan Panjang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 10:42

Placeholder
Wisatawan saat berlibur ke Pantai Balekambang. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Malang mempunyai deretan pantai yang banyak. Namun, dari sekian pantai yang ada di Kabupaten Malang, hanya ada dua pantai yang jadi sasaran wisatawan untuk liburan panjang.

Dua pantai ini jadi favorit bagi turis atau bagi keluarga, karena menjadi yang terindah di antara pantai-pantai lainnya. Selain itu, kedua pantai tersebut memiliki fasilitas yang relatif lebih lengkap dibandingkan tempat lainnya. 

Pantai Balekambang.

1.  Pantai Balekambang 

Baca Juga : Keindahan Pura di Balekambang Bisa Dinikmati 24 Jam Selama Libur Panjang, Tak Kalah Sama Pantai di Bali

Pantai ini ada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar 3 kilometer dengan pasir putih yang lembut. 
Dibandingkan pantai lainnya di Malang, bahkan di Jawa Timur, Pantai Balekambang ini merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Terutama pada masa liburan panjang.

Fasilitas di Pantai Balekambang juga lebih lengkap dibandingkan pantai lainnya. Kelebihan salah satu pantai yang masuk kategori pantai terindah di dunia itu adalah adanya pura umat Hindu.

Dikutip dari buku Jelajah Wisata Nusantara oleh Tri Maya Yulianingsih (2010), Pantai Balekambang adalah pantai yang landai dan banyak dipenuhi dengan karang laut. Saat air laut surut akan tampak dengan jelas ikan hias dan beberapa satwa laut yang berkerumun di sela-sela karang.

Pantai Balekambang memiliki tiga buah pulau berjajar ke arah barat, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni.

Di Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah pura. Untuk mengunjungi pura, terdapat sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Sepintas, suasananya tampak seperti pantai bernuansa Bali.
Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai ini dapat dikunjungi melalui rute Gondanglegi dan Bantur atau dicapai melalui Kepanjen lalu ke Pagak arah Bantur dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, ada juga jalur atau rute lain yang dapat dicoba dengan akses yang lebih mudah.

Akses jalan menuju pantai ini mulus dan pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pepohonan rindang serta udara yang sejuk. Tiket masuk Pantai Balekambang terbilang murah, berikut kisaran biayanya.

Tarif tiket masuk Rp 20 ribu per orang. Tiket ini sudah termasuk juga untuk mengunjungi pantai di sebelah Balekambang, yakni Pantai Regent. Pantai Regent ini memiliki muara sungai yang cukup indah dan aman digunakan untuk berenang bagi anak-anak.

Pantai Balekambang memiliki sejumlah daya tarik yang indah. Berikut daya tarik pantai yang berada di Malang ini.

Memiliki pesona alam yang indah berupa pasir putih dan air laut yang jernih kebiruan. Terdapat Pura Luhur Amertha Jati yang berada di atas pulau batu karas seperti di Pantai Tanah Lot Bali.
Pada bulan Suro atau Malam Suro dalam kalender Jawa, pantai ini ramai didatangi wisatawan sebab menggelar acara khusus yakni Upacara Suroan dan Upacara Jalanidhi Puja.

Berbagai aktivitas menarik juga dapat dilakukan pengunjung selain bersantai di pinggir pantai. Pengunjung bisa camping, memancing, dan bermain flying fox.

Pantai Balekambang juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadai berikut ini.

- Area parkir yang luas
- Fasilitas camping ground
- Masjid
- Rumah makan
- Toko cendera mata
- Penginapan

Pantai Ngliyep. (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

2.  Pantai Ngliyep 

Baca Juga : Jalan Viral di Pronojiwo Lumajang: View Megahnya Gunung Semeru, Magnet Baru Bagi Wisatawan

Pantai yang berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini mempunyai beberapa teluk yang sangat indah. Teluk yang ada di Pantai Ngliyep adalah Teluk Ngliyep, Teluk Putri, dan Teluk Goa Patok Ilang. Teluk-teluk ini relatif aman untuk bermain air, itu karena ombaknya relatif tenang.

Selain teluk, di Kawasan Pantai Ngliyep ini ada juga deretan pantai dengan pasir putih yang sangat halus. Yakni Pantai Pasir Panjang dan Pantai Gunung Kombang. Di dua pantai ini banyak terdapat biota laut seperti gurita, ikan karang, kepiting, bulu babi, bintang laut, kelomang, dan masih banyak lainnya. Jika kondisi pantai surut, pantai ini cocok bagi anak-anak untuk mencari biota laut di antara karang-karang pantai.

Di Ngliyep, wisatawan juga bisa menuju ke Gunung Kombang yang terkenal dengan situs religinya. Untuk menuju ke Gunung Kombang ini, wisatawan bisa melewati jembatan ikonik yang berada di atas laut dan karang. Jembatan yang cocok untuk selfie karena berada di antara dua pantai.

Wisatawan juga bisa naik ke bukit menara pandang. Dari bukit ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai paling indah di Kabupaten Malang. Yakni bisa melihat deretan pulau-pulau kecil, deretan teluk dan pantai di Kabupaten Malang, serta hamparan laut bebas yang sangat indah.

Kelebihan Pantai Ngliyep di antara pantai lainnya di Malang adalah, pengunjung bisa menikmati sunset. Seperti diketahui, sunset di Ngliyep ini masuk kategori sebagai salah satu sunset yang terbaik dan terindah di dunia.

Kelebihan Pantai di kawasan Ngliyep adalah kejernihan airnya. Kejernihan dan kebiruan air di Ngliyep ini tiada duanya di Kabupaten Malang.

Fasilitas di Pantai Ngliyep juga bisa dibilang lengkap jika dibandingkan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Malang. Ada fasilitas camping ground, musala, penginapan, warung, toilet, lokasi parkir luas, air tawar yang segar. 

Wisatawan saat camping di Pantai Ngliyep.


Selain cocok untuk menikmati keindahan pantai, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas laut yang murah di Ngliyep. Kuliner khas di Ngliyep adalah nasi tiwul, kuah bung (bambu muda), olahan gurita, dan masakan sea food lainnya.

Wisatawan juga bisa membeli pisang cavendis di Ngliyep. Sebab masyarakat sekitar Ngliyep banyak berbudidaya pisang. Jika di toko buah harga 5 biji pisang cavendis adalah Rp 25 ribu, di Ngliyep hanya dengan Rp 100 ribu kita bisa mendapatkan satu buah tandan pisang.
Satu tandan ini jumlahnya sekitar 14-20 sisir. Satu sisir berisi sekitar 16 sampai 20 buah pisang cavendis. Sangat murah bukan.

Untuk masuk ke Pantai Ngliyep, tiketnya sangat murah, yakni Rp 15 ribu per pengunjung. Untuk menuju ke Pantai Ngliyep, wisatawan bisa melewati beberapa rute. Tapi rute yang paling mudah adalah melewati Kepanjen dan Pagak. Jalannya mulus dan rata. Bagi pengunjung luar kota, cukup menggunakan google maps, maka kendaraan akan langsung diantar ke tepi pantai Ngliyep.


Topik

Wisata Pantai Balekambang pantai ngliyep wisata kabupaten malang wisata pantai pantai long weekend



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni