Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Keindahan Pura di Balekambang Bisa Dinikmati 24 Jam Selama Libur Panjang, Tak Kalah Sama Pantai di Bali

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 09:28

Placeholder
Wisatawan saat berkunjung ke Pantai Balekambang. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pantai Balekambang bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur panjang di medio bulan Mei ini. Apalagi lampu penerangan di Pura akan dinyalakan ketika malam hari. Sehingga para pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Balekambang sepanjang hari selama 24 jam.

Selain itu, untuk menambah keceriaan saat libur panjang Kenaikan Isa Almasih sejak hari ini, Kamis (9/5/2024), pengelola Pantai Balekambang juga menyediakan beragam jenis penginapan dan keperluan berkemah. Tarif penginapan di Pantai Balekambang juga terbilang sangat terjangkau. Bahkan bisa ditawar sampai deal.

Baca Juga : Jalan Viral di Pronojiwo Lumajang: View Megahnya Gunung Semeru, Magnet Baru Bagi Wisatawan

"Persiapan di Balekambang selama libur panjang, terkait penyambutan tamu (pengunjung) ini akan kita tingkatkan, terutama sama faktor kebersihan di Balekambang," ungkap Kepala Unit Pantai Balekambang Yasdi kepada JatimTIMES.

Penyambutan tamu tersebut, disampaikan Yasdi, akan dimulai sejak wisatawan tiba di loket. Di sana, para pengunjung akan mendapatkan beragam pelayanan dan disambut keramahan dari petugas Pantai Balekambang.

"Untuk tiket masuknya (di Pantai Balekambang) Rp 20 ribu," ujar Yasdi.

Tarif tersebut berlaku untuk 24 jam. Sehingga pengunjung yang ingin berkemah dipersilahkan. "Sebenarnya di Balekambang itu juga kita siapkan untuk persediaan nge-camp, cuma dari pengunjung sendiri biasanya banyak yang bawa alat camping sendiri," ujar Yasdi.

Namun jika ada wisatawan yang tidak mau repot, pengelola Pantai Balekambang juga menyediakan beragam promo camping. "Kalau memang dari pengunjung kita tawari mau nge-camp, harga untuk tendanya hanya Rp 150 ribu," imbuhnya.

Tarif tersebut tentunya sangat terjangkau. Mengingat fasilitas paket camping yang disediakan pihak pengelola Pantai Balekambang sudah sangat lengkap.

"Fasilitasnya ada tenda untuk kapasitas empat orang, matras, hingga kursi pantai," beber Yasdi.

Di Pantai Balekambang juga terdapat fasilitas yang membedakan dengan destinasi pantai lainnya. Diantaranya adalah penginapan hingga homestay.

Fasilitas tersebut tentunya bisa menjadi alternatif bagi wisatawan, terutama bagi keluarga yang memiliki anak kecil maupun yang menghendaki berwisata dengan lebih privat.

"Di Balekambang penginapannya ada lima kamar dan ada homestay dengan fasilitas tiga kamar," ujar Yasdi.

Meski berada di lokasi wisata unggulan di Indonesia, namun tarif penginapan di Pantai Balekambang cukup terjangkau. Yakni sekitar Rp 250 ribu.

"Penginapan itu per kamarnya Rp 250 ribu. Fasilitasnya ada kipas angin dan sudah menggunakan springbed," tutur Yasdi.

Sementara itu, untuk homestay di Pantai Balekambang fasilitasnya juga sangat lengkap. Terdapat tiga kamar dan dilengkapi pendingin udara dari Air Conditioner (AC).

"Di homestay ada AC-nya, dalam satu rumah terdapat tiga kamar. Selain itu juga ada ruang tamu dan ruang semacam aula, sehingga bisa digunakan untuk agenda seperti rapat internal maupun acara bersama rombongan wisatawan," ujarnya.

Baca Juga : Tersedia Paket Hemat Camping di Pantai Ngliyep, Dijamin Cocok untuk Mengisi Libur Panjang

Sementara ini, pada Kamis (9/5/2024), homestay di Pantai Balekambang masih tersedia. Sehingga bisa dipesan untuk menambah keseruan saat mengisi kegiatan libur panjang, seperti pada libur nasional Kenaikan Isa Almasih hingga akhir pekan nanti.

"Homestay sementara ini masih kosong, kalau penginapan sudah ada yang booking, dua kamar. Masih ada beberapa kamar yang bisa untuk menginap," imbuhnya.

Tarif persewaan homestay di Balekambang juga terjangkau. Bahkan bisa ditawar. Tergantung kesepakatan.

"Homestay tarif normal Rp 1,5 juta, tapi itu bisa ditawar. Maksudnya kita juga memberikan dispensasi bila dari pengunjung ini merasa istilahnya keberatan dan sebagainya," imbuhnya.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin menikmati Pantai Balekambang tanpa bermalam, pihak pengelola Pantai Balekambang juga telah menyediakan beragam fasilitas. Diantaranya spot foto unggulan yang biasanya sering menjadi jujukan para wisatawan Pantai Balekambang.

"Pada libur panjang ini, kami siapkan terkait sama spot foto, saat ini sudah kami perbarui. Ada banyak spot foto selain pemandangan pantai, salah satunya spot foto selfie 'Im In Balekambang'," tutur Yasdi.

Tidak hanya spot foto selfie, di Balekambang juga terdapat Pura. Tentunya ini menjadikan Pantai Balekambang menjadi destinasi wisata yang paling menarik ketimbang pantai lainnya di Kabupaten Malang.

Terdapat jembatan yang menghubungkan bibir pantai ke Pura. Alhasil, Pantai Balekambang saat ini jadi jujukan para wisatawan yang ingin mencari pemandangan aesthetic seperti di Bali.

"Untuk Pura, memang kita sudah berkomunikasi dengan pemangku. Jadi selama liburan, untuk lampu di Pura kalau malam kita mohon untuk dihidupkan. Sehingga dari pengunjung sendiri bisa menikmati terkait keindahan Pura di waktu malam. Sebab kami buka 24 jam," pungkas Yasdi.

Sekedar informasi, Pantai Balekambang berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Akses jalan menuju Pantai Balekambang terbilang mudah untuk dijangkau.

Terdapat beberapa alternatif jalan menuju Pantai Balekambang. Namun, bagi pengunjung yang masih bingung, bisa menggunakan petunjuk dari Google Maps. Selamat berlibur.


Topik

Wisata Pantai Balekambang wisata kabupaten malang wisata pantai pantai long weekend



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni