Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Hati-hati Terjerumus Dosa, Ini 4 Gaya Berhijab yang Salah Menurut Islam

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 06:36

Placeholder
Ilustrasi wanita berjilbab. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Bagi seorang wanita aurat yang wajib ditutupi adalah seluruh tubuhnya kecuali bagian wajah dan telapak tangan.

Untuk terlihat cantik, para muslimah memiliki caranya masing-masing, misalnya mengenakan jilbab dengan style tertentu.

Baca Juga : UIN Maliki Malang Jajaki Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya, Bahas Berbagai Program Strategis 

Namun di zaman sekarang, hal itu justru menjadi sebuah trend tersendiri di kalangan masyarakat. Bahkan berbagai macam variasi, model, hingga tutorial penggunaannya dapat ditemui di banyak media massa.

Akan tetapi sangat disayangkan, seiring berjalan dan berkembangnya zaman serta teknologi, banyak ditemukan gaya atau cara berjilbab yang jauh dari sisi islami. Seperti yang diketahui, berjilbab juga memiliki aturan sehingga kita tidak boleh sembarangan dalam memilih gaya berjilbab. 

Dalam QS. Al a’raf ayat 26 Allah SWT berfirman:

“Hai Anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat”.

Oleh karena itulah, penting bagi seorang muslimah untuk memperhatikan bagaimana cara dalam berjilbab. Jangan sampai dengan gaya yang tidak sesuai bukannya mendapat pahala malah mendatangkan dosa. 

Lantas hijab seperti apa yang tidak diperkenankan di dalam Islam? Mengutip dari laman makintau.com, berikut 4 gaya berjilbab yang tidak diperbolehkan dalam syariat Islam:

Hijab yang menyerupai wanita kafir

Zaman memang sudah berkembang, begitu juga dengan model-model berbusana. Namun, peraturan tidak lah berubah sedikitpun.

Begitu halnya peraturan berhijab. Para muslimah hendaknya benar-benar mengetahui bagaimana tata cara berhijab yang benar.

Sebab, hal yang paling membuat dosa adalah salah pengertian tentang berhijab. Sebagai contoh apabila mereka berhijab tetapi membuat seperti wanita kafir.

Seperti berhijab namun pahanya masih jelas terlihat, berhijab namun dada tetap dipamerkan. Dengan demikian, berhijab justru membuat mereka semakin berdosa saja. Jadi, pelajarilah peraturan-peraturannya terlebih dahulu sebelum bertindak.

Hijab dengan bahan tipis bahkan transparan

Memakai hijab dengan bahan tipis memang terlihat modis, bahan ini sangat cocok bagi para muslimah yang berada di daerah yang panas. Sehingga rasa panas tidak begitu membunuh mereka. 

Namun, jilbab dengan bahan inilah yang justru membuat dosa. Rasulullah SAW menyebut model busana ini dengan sebutan “berpakaian tapi telanjang”. Sudah jelas bahwa model hijab ini salah, berhijab untuk menutupi aurat, tetapi kenapa malah mengumbar aurat.

Berjilbab tapi Berpakaian seksi 

Muslimah diwajibkan memakai hijab agar menutupi kulit serta lekuk tubuh yang menggoda para kaum adam. Namun, kini para muslimah seakan-akan mengacuhkan ketentuan itu.

Mereka memang berhijab sesuai perintah, tetapi lekuk-lekuk tubuh mereka masih saja terlihat. Bahkan sebagian dari muslimah tersebut berhijab hanya untuk menonjolkan lekuk tubuh mereka.

Baca Juga : Profil Andrew Andika, Pesinetron Viral yang Dituding Selingkuh Saat Istrinya Hamil

Hal seperti inilah yang menambah isi dompet dosa mereka. Sesungguhnya Islam telah mengajarkan menutup bukan membalut.

Berjilbab namun berbusana seperti laki-laki

Celana jeans dan kaos lengan panjang adalah identik pakaian laki-laki. Pakaian-pakaian tersebut tidak jarang juga dipakai oleh para muslimah, walaupun mereka memakai kerudung namun kerudungnya tidak menjuntai hingga dada.

Terlebih lagi dipadu dengan kaos lengan panjang serta celana jeans, mereka justru terlihat seperti seorang laki-laki yang memakai kerudung. Gaya seperti ini tidak boleh dipraktikkan oleh para muslimah. Karena gaya seperti ini adalah dosa bagi para muslimah. 

Tata Cara Berjilbab Sesuai dengan Syariat Islam

1. Bagian Tubuh Tertutup

Setiap wanita muslim dianjurkan menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali telapak tangan dan wajah. Tidak memperlihatkan sedikitpun anggota tubuh yang bukan mahromnya. Jadi, gunakan baju muslimah dan kerudung yang syar’i agar tertutup rapat.

2. Kenakan Jilbab yang Longgar

Tata cara berjilbab menurut Islam seharusnya yang longgar dan besar. Sayangnya banyak orang yang mengenakan fashion jilbab seenaknya saja, seperti jilbab pendek dan ketat. Jangan sampai Anda tergoda dengan gaya jilbab model tersebut karena tidak baik.

3. Bahan Tidak Tembus Pandang

Pilihlah bahan baju dan kerudung yang tidak tembus pandang sesuai ajaran Islam. Bahkan pada zaman nabi terdahulu, wanita muslim selalu mengenakan busana berbahan tebal tanpa tembus pandang.

4. Model Tidak Berlebihan

Tata cara berjilbab dalam Islam selalu mengajarkan kita tentang kesederhanaan. Jangan terpaku dengan model jilbab yang mewah. Biasakan memakai jilbab yang sederhana dan tidak berlebihan dalam sehari-hari.


Topik

Agama Hijab hijab syar'i



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni