Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Peringatan Tegas! Disdik Kabupaten Blitar Larang Tes Calistung untuk Seleksi Siswa Baru SD

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - May - 2024, 11:56

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Istimewa)

JATIMTIMES- Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar mengeluarkan peringatan tegas kepada semua lembaga SD Negeri maupun Swasta. Mereka diminta untuk tidak lagi melakukan seleksi siswa baru dengan tes calistung. Peringatan ini disampaikan oleh Binti Mustolifah, Kabid Pengembangan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Menurut Binti, larangan tersebut adalah bagian dari program Transisi PAUD ke SD yang dicanangkan oleh Menteri Dikbudristek Dikti, Nadiem Makarim. "Ini adalah langkah untuk membuat proses transisi dari PAUD ke SD menjadi lebih menyenangkan bagi siswa," ujar Binti pada Selasa (7/5/2024).

Baca Juga : Pendaftaran Calon Independen Pilgub Jatim 2024 Buka Hari Ini, Syarat Minimal 2 Juta Dukungan

Binti juga mengakui bahwa sebelumnya, tes calistung menjadi acuan utama terutama bagi lembaga sekolah favorit dalam melakukan seleksi siswa baru. Namun, menurutnya, hal ini seringkali memaksa anak-anak usia TK untuk memiliki kemampuan calistung sebelum waktunya.

"Saya melihat banyak anak usia TK yang dipaksa untuk pandai calistung demi bisa diterima di SD favorit," ungkap Binti. Oleh karena itu, tujuan dari larangan ini adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan bagi siswa baru di tingkat SD, baik negeri maupun swasta, serta menghilangkan rasa takut dan khawatir di masa transisi ini.

Lebih lanjut, Binti menyampaikan bahwa saat ini sedang berlangsung proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk lembaga SD Negeri dan MI Negeri di Kabupaten Blitar. PPDB untuk tingkat SD dan MI di Kabupaten Blitar sendiri akan berlangsung hingga tanggal 10 Mei 2024 mendatang.

Baca Juga : Dilarang di Dunia: Asbes Masih Banyak Dipakai di Indonesia 

Dalam konteks ini, Binti menegaskan bahwa semua pihak, baik itu lembaga pendidikan, orang tua, maupun siswa, perlu memahami dan mendukung kebijakan ini demi terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi siswa di tingkat SD.


Topik

Pendidikan Calistung penerimaan siswa didik baru Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni