Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

FMIPA UM Layak Jadi Pilihan, Ini Testimoni dari Mahasiswa 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

05 - May - 2024, 20:03

Placeholder
Muhammad Anwar Rasyid, Mahasiswa Jurusan Biologi dan Intan Hilda Putri Yudiana Mahasiswa dari Jurusan Matematika FMIPA UM saat berfoto di Taman Tugu FMIPA UM (Igoy/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) sangat layak menjadi pilihan para calon mahasiswa. Sebab, banyak keunggulan yang akan ditemukan para mahasiswa ketika menempuh studi pada fakultas ini. Hal ini pun telah diakui mahasiswa FMIPA UM sendiri. 

Muhammad Anwar Rasyid, mahasiswa dari Jurusan Biologi FMIPA UM mengatakan, bahwa FMIPA secara khusus UM merupakan universitas yang 
terbaik dalam bidang keilmuan pendidikan. UM menempati posisi pertama di tingkat nasional dan berada di posisi ke-96 di tingkat internasional. Hal ini sesuai dengan hasil penilaian dari Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024.

Baca Juga : Satgas PPKS, Komitmen STIE Malangkucecwara Cegah Perundungan dan Kekerasan Seksual

 

"Maka jika teman-teman tertarik untuk menjadi dosen, menjadi guru, maka tempat ini adalah tempat yang terbaik untuk menempuh studi," jelasnya.

00053.00_03_56_31.Still002-10e463247278d9a54.jpg

Lebih lanjut, FMIPA sendiri merupakan fakultas yang tertua dan menjadi fakultas yang banyak menjadi rujukan keilmuan maupun dalam bidang lain dari fakultas di internal UM sendiri maupun diluar universitas.

Baru-baru ini FMIPA juga berhasil meloloskan  banyak proposal penelitian. Ada sekitar 34 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diajukan di nasional. Capaian ini juga menjadikan FMIPA sebagai fakultas yang banyak mengirimkan proposal PKM diantara fakultas lain di UM sendiri.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran para pengajar berkompeten yang komitmen untuk mencetak lulusan unggulan dan berdaya saing. Para pengajar di FMIPA sangat antusias dalam mendampingi para mahasiswa dalam proses pembelajaran.

"Keunggulan lain di FMIPA juga banyak departemen-departemen yang berhubungan dengan laboratorium, dimana laboratorium ini terus diperbaharui, sarana dan prasarana yang dimiliki lengkap dan sangat mendukung proses pembelajaran," katanya.

Mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Biologi Vina Kharisma Musalamah mengatakan, bahwa selama menempuh studi di FMIPA UM, banyak benefit yang ia dapatkan. Mulai dari sarana dna prasarana pembelajaran yang representatif, dosen yang berkompeten dalam masing-masing bidang keilmuan, mata kuliah yang menunjang dalam karirnya hingga lingkungan belajar kampus yang aman dan nyaman.

"Selama 3 tahun saya sangat membantu bakat dan minat saya dalam hal menulis, termasuk juga dalam hal berorganisasi," jelasnya.

Dalam hal keorganisasian, di FMIPA UM memiliki berbagai UKM yang mewadahi para mahasiswa dalam berbagai bidang. Seperti forum kepenulisan yang dibentuk dibawah BEM. "Forum ini sangat membantu sekali menunjang minat bakat saya," ujarnya mahasiswa semester 6 ini. 

Lebih dari itu, dalam kegiatan-kegiatan akademik diluar kampus, FMIPA UM juga banyak memberikan support pendanaan yang tentu sangat membantu dalam pengembangan akademik dan kompetensi yang ia miliki. "Makanya saya semakin berminat dan aktif untuk mengikuti kegiatan diluar," terangnya.

00053.00_00_33_23.Still001-1b8f8f299fcd5f96b.jpg

Menurutnya, FMIPA juga merupakan kampus yang hijau atau nature. Di lingkungan FMIPA UM banyaknya dihiasi pepohonan hijau dan juga taman-taman yang tentu menjadi penunjang dalam menciptakan proses pembelajaran yang nyaman.

Baca Juga : Dewan Tak Ingin Relokasi Pedagang Pasar Gadang Jadi Rencana Asal-asalan

 

"FMIPA sangat menjunjung nature, berbasis alam. Kita bisa lihat ada Taman Sains, disetiap Prodi ada tanaman-tanaman hijau yang menunjang kenyamanan belajar di FMIPA," tutupnya.

Intan Hilda Putri Yudiana, mahasiswa dari Jurusan Matematika FMIPA UM menambahkan, bahwa menempuh studi di FMIPA UM tentunya sangatlah mengasyikan. Kemampuan mahasiswa akan terdongkrak sesuai dengan disiplin ilmu yang ditempuh. 

Seperti halnya di Jurusan Matematika, model atau metode pembelajaran dikemas dengan apik dan mudah dipahami. Sehingga, kesan pelajaran sulit yang banyak didengungkan orang pada FMIPA tersebut menjadi terbantahkan.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Jurusan Matematika, pembelajaran teori Matematika, seperti Aljabar, Statistik hingga Pemrograman diberikan dengan komperhensif oleh para pengajar. Selain itu, di Jurusan Matematika juga banyak diselenggarakan pelatihan yang itu merambah pada softskill maupun hard skill. Baik itu tentang akademik, maupun non akademik.

00053.00_07_25_13.Still003-152eefc60895516a3.jpg

"Selain itu juga banyak materi webinar dari dosen untuk mendalami pembelajaran mengenai prodi kita," kata wanita yang juga pengurus Organisasi Pemerintah Mahasiswa dari Dewan Mahasiswa Jurusan FMIPA UM ini.

FMIPA sendiri, dijelaskannya terdiri dari beberapa departemen yang memiliki keunggulan di berbagai bidang. Menurutnya, masing-masing bidang atau departemen itu yang akan membangun mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan prodi masing-masing

"Selain hal tersebut, juga banyak organisasi yang dapat diikuti mahasiswa untuk membangun relasi dan kemampuan masing-masing mahasiswa. nggak usah ragu masuk ke FMIPA UM," pungkas Wakil Ketua Umum BEM FMIPA 2024 ini. 


Topik

Pendidikan universitas negeri malang um malang fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam fmipa um kampus terbaik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana