Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Benarkah Makanan Sehat Bisa Pengaruhi Mood Seseorang?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 11:09

Placeholder
Penelitian di Australia yang menunjukkan makanan sehat mempengaruhi mood seseorang. (Foto: Instagram @bandoromd)

JATIMTIMES - Kerapkali seseorang mengalami mood swing atau perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Mungkin banyak orang mengira perubahaan mood terjadi karena faktor lingkungan atau sedang mengalami PMS bagi wanita. 

Namun, perubahan mood tak melulu karena faktor lingkungan, rupanya makanan juga berdampak. Benarkah demikian? 

Baca Juga : 5 Cara Mengonsumsi Air Kelapa Muda untuk Mengatasi Asam Lambung

Menurut Dokter Umum GWS Medika dr. Bandoro, makanan sehat bisa berpengaruh kepada perubahan mood. Bahkan makanan juga bisa berpengaruh pada orang yang terdiagnosa depresi. 

"Dan ini bukan sugesti atau omong kosong ya, karena ada risetnya," jelas Bandoro, dilansir Instagram pribadinya @bandoromd. 

Dijelaskan Bandoro, peneliti di Australia mengumpulkan 67 partisipan depresi klinis dan membagi mereka ke dalam 2 kelompok. Dua kelompok ini sama-sama diberi 7 kali sesi konsultasi. 

"Bedanya, yang satu kelompok hanya diberikan emotional support dan yang satu lagi di tambahin strategi diet Mediterania oleh ahli gizi klinis," ujarnya. 

Dari hasil penelitian setelah 12 minggu, maka ditemukan kelompok yang dapat strategi makan, skor depresi turun lebih signifikan, dibandingkan kelompok yang tidak dapat. Di mana 1 dari 3 orang yang mendapatkan strategi makan mengalami remisi atau normal gejala. 

"Sedangkan kelompok satunya (yang hanya diberi emotion support) remisinya tidak sampai 1 dari 10 orang," jelas Bandoro. 

Baca Juga : dr Zaidul Akbar Berikan Tips Sehat Mengonsumsi Kopi, Ternyata Segini Porsi Sehatnya

"Kemajuan tersebut berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan mereka ngikutin saran yang dikasih,"pungkas Bandoro. 

Serupa dengan penelitian di Australia, melansir BBC, nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat meningkatkan produksi bahan kimia untuk perasaan baik tubuh yakni serotonin dan dopamin.

Serotonin merupakan yang mengatur suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur. Sedangkan dopamin mengatur motivasi, perhatian, dan penghargaan emosional.

Dengandemikian disimpulkan bahwa nutrisi dalam makanan bisa mengatur suasana hati. Untuk jenis makanan yang bisa mempengaruhi mood di antaranya adalah makanan mengandung vitamin B6 dan C. 


Topik

Kesehatan makanan sehat mood mood swing



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni