Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

5 Cara Mengonsumsi Air Kelapa Muda untuk Mengatasi Asam Lambung

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 08:02

Placeholder
Ilustrasi air kelapa muda. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Air kelapa menjadi salah satu rujukan penting di tengah masyarakat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya asam lambung.

Asam lambung merupakan penyakit umum yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini berkaitan dengan tingkat stres dan pola makan seseorang yang berantakan.

Baca Juga : dr Zaidul Akbar Berikan Tips Sehat Mengonsumsi Kopi, Ternyata Segini Porsi Sehatnya

Kala asam lambung naik, beberapa gejala seperti batuk, mual, bersendawa terus menerus, hingga sakit tenggorokan akan dirasakan.

Hal ini tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Banyak obat yang diklaim mampu meredakan asam lambung dalam waktu singkat. Namun, bagi Anda yang enggan mengonsumsi obat, air kelapa bisa menjadi alternatif.

Melansir Healthline, mengonsumsi air kelapa tanpa pemanis tambahan bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

Air kelapa merupakan sumber yang baik dari elektrolit yang bermanfaat seperti potasium.

Elektrolit ini mampu meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh yang penting untuk mengendalikan asam lambung agar tidak naik.

Dengan khasiatnya yang luar biasa itu, berikut lima cara efektif untuk mengonsumsi air kelapa untuk asam lambung yang dilansir dari laman Wellness:

1. Masak dengan Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi bahan tambahan yang menyegarkan dalam masakan Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti air untuk memasak nasi, gandum, atau dalam pembuatan saus dan dressing. Ini bisa menjadi cara yang menyehatkan untuk menambahkan rasa kelapa pada hidangan Anda sehari-hari.

2. Minum Air Kelapa Setelah Makan

Gejala refluks asam sering muncul setelah makan, terutama jika makanan yang dikonsumsi bersifat asam atau berlemak. Anda bisa mencoba minum segelas air kelapa setelah makan. Bahkan setengah gelas air kelapa bisa efektif jika Anda tidak menyukai minum dalam jumlah yang banyak.

Minum air kelapa sekitar 30 menit setelah makan dapat membantu meredakan perut terasa kenyang. Namun, perlu diingat bahwa makan dalam porsi besar dapat meningkatkan risiko refluks asam.

3. Teh Air Kelapa

Baca Juga : Air Kolam Renang Dewi Sri Layak Minum: Berasal Dari Sumber, Rutin Dikuras

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai tambahan dalam teh Anda. Meskipun teh berkafein dapat memicu refluks asam, beberapa varian teh herbal bebas kafein dapat membantu meredakan gejalanya.

Anda bisa mencoba mencampur air kelapa dengan teh herbal seperti teh chamomile atau teh akar licorice, yang dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan.

4. Minum Air Kelapa Dua Kali Sehari

Minum segelas air kelapa di pagi hari dan satu lagi di malam hari telah terbukti membantu mengurangi gejala refluks asam. Banyak orang merasakan dampak positif dalam waktu satu hari setelah mengonsumsi air kelapa.

Bahkan, beberapa menemukan bahwa mengadopsi pola makan sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan memasukkan air kelapa dalam rutinitas sehari-hari dapat secara permanen menghilangkan refluks asam dalam 2-3 bulan.

5. Smoothie Air Kelapa

Saat membuat smoothie atau jus, air kelapa bisa menjadi pengganti yang segar dan menyehatkan untuk air biasa. Anda bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sesuai dengan rasa kelapa, seperti pisang, kefir, yoghurt, dan lainnya.

Smoothie yang mengandung air kelapa juga dikenal dapat membantu meredakan refluks asam. Namun, hindari menambahkan buah-buahan atau sayuran yang bisa memicu mulas, seperti jeruk, apel hijau, atau tomat.


Topik

Kesehatan Air Kelapa asam lambung khasiat air kelapa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni