Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Istimewa, Angkatan Pertama Profesi Apoteker FKIK UIN Maliki Malang Lulus 100 Persen

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2024, 17:52

Placeholder
Prosesi pembacaan lafal sumpah profesi apoteker FKIK UIN Maliki Malang. (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, melaksanakan prosesi pengucapan lafal sumpah apoteker periode 1 di Gedung Aula Rektorat UIN Maliki Malang, Kamis, (2/5/2024). Momen ini menjadi istimewa dan bersejarah karena FKIK UIN Maliki Malang kali pertama  meluluskan profesi apoteker.

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM. Zainuddin MA mengapresiasi kelulusan angkatan pertama dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Apoteker ini. Terlebih, 
Prodi Pendidikan Profesi Apoteker juga menjadi salah satu di antara 14 institusi di Indonesia dengan tingkat kelulusan 100 persen ujian CBT (computer based test).

1

"Ini jadi satu kebanggaan," tegas rektor usai kegiatan pengucapan lafal sumpah apoteker periode 1.

Baca Juga : Segini Ternyata Besaran Uang KIP Per Bulan yang Lagi Viral

Para lulusan FKIK UIN Maliki Malang ini tentunya merupakan lulusan unggulan. Dengan distingsi yang dimiliki, tentu para lulusan dari berbagai prodi, khususnya FKIK, memiliki keunggulan dan daya saing serta akan cepat terserap dalam dunia kerja. 

2

Terlebih, FKIK UIN Maliki Malang juga telah menjalin banyak kerja sama dengan dunia industri, baik itu rumah sakit, klinik, puskesmas, apotek ataupun institusi-institusi lainnya.

"Kita punya distingsi, softskill, kepribadian yang baik. Tidak cukup ilmu medis ataupun farmasi, tapi lulusan mampu mengintegrasikan keilmuan sains dengan agama," katanya.

5

Dekan FKIK UIN Maliki Malang Prof Dr dr Yuyun Yueniwati PW MKes SpRad(K) mengatakan bahwa angkatan pertama ini mengukir capaian membanggakan. Dalam Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI), 40 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Apoteker dinyatakan lulus 100 persen. 

"Alhamdulillah angkatan pertama lulusan lrofesi apoteker pertama lulus 100 persen. Termasuk 1 di antara 2 institusi baru dengan tingkat kelulusan 100 persen da juga tertinggi dari segi kuantitas," jelasnya. 

4

Selain itu, FKIK UIN Maliki Malang melalui Prodi Pendidikan Profesi Apoteker juga menjadi salah satu di antara 14 institusi di Indonesia dengan tingkat kelulusan 100 persen ujian CBT (computer based test)

Baca Juga : 5 Kota/Kabupaten di Jawa Timur Ini Paling Rajin Sekolah, Tingkat Partisipasinya Tertinggi

Termasuk 1 dari 18 institusi di Indonesia dengan rataan nilai ujian OSCE (objective structured clinical examination) di atas NBL (nilai batas lulus).

"Tentu ini tak terlepas dari berbagai program yang disusun dengan baik. Pendidikan apoteker ini kan satu tahun, dukungan sangat luar biasa. Selain di kampus  mereka juga belajar di luar, di dinas kesehatan ,rumah sakit, apotek, industri," tambah Prof Yuyun.

6

Dalam penerimaan mahasiswa, setiap semester Prodi Pendidikan Apoteker menerima 40 mahasiswa. Hal ini menyesuaikan kapasitas dan rasio dosen. Meski begitu, tentu kedepan langkah-langkah strategis dalam upaya pengembangan Prodi Pendidikan Apoteker akan dilakukan.

Terakhir pihaknya berpesan kepada para lulusan angkatan pertama Prodi Pendidikan Apoteker agar ke depan dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa lainnya. Para lulusan angkatan pertama ini diharapkan menjadi role model yang baik. Artinya tidak hanya menjadi seorang apoteker, melainkan juga dapat menjadi seorang leader atau pemimpin.

"Punya jiwa kepemimpinan, bisa menjadi peneliti, bisa menjadi penyeimbang, saat dia melaksanakan tugasnya, bisa bermitra dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang UIN Malang FKIK UIN Malang apoteker



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy