Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Ganggu Lalu-Lintas, Sebagian Pedagang di Pasar Gadang akan Direlokasi

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

01 - May - 2024, 18:37

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat meninjau Terminal Hamid Rusdi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana akan merelokasi sejumlah pedagang di Pasar Gadang. Terutama pedagang yang banyak beraktivitas sepanjang pinggir jalan Rajasa. Hal itu lantaran ruas jalan itu sering dikeluhkan warga. Sebab sering terjadi kemacetan arus lalu-lintas. 

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengatakan, dari tinjauannya ke Pasar Gadang memang didapati sejumlah hal yang dinilai menjadi penyebab kemacetan. Seperti kondisi jalan yang berlubang, tumpukan sampah hingga aktivitas sejumlah pedagang yang melakukan bongkar muat di pinggir jalan. 

Baca Juga : Selain Tiga Hotel, Pasar Modern Baru Rencana Akan Hadir di Kota Malang

Dalam hal ini, sebenarnya Pemkot Malang juga rutin melakukan penertiban di area tersebut. Baik melalui Dinas Perhubungan (Dishub) maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan sejumlah bagian jalan agar kembali sesuai fungsinya. 

"Tadi sudah kita lihat sendiri, ada orang parkir kendaraannya untuk bongkar muat itu mobilnya di Jembatan kemudian bongkar muatnya di jalan padahal sudah tahu sempit ya bongkar muat di istu, tadi saya lihat sendiri ketangkap basah," jelas Wahyu.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat meninjau Terminal Hamid Rusdi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Namun ternyata, penertiban tidak berjalan cukup efektif. Sebab saat petugas mulai pergi, biasanya sejumlah pedagang kembali beraktivitas di tempat yang tidak semestinya. "Sudah macet berhenti bongkar muat, ya sudah akhirnya (tambah macet). Sebetulnya sudah ada kegiatan di Satpol, Dishub, rutin tapi kenyataannya setelah kita gak ada mereka tetap seperti itu," terang Wahyu. 

Atas hal tersebut, ia berencana untuk menjadikan Terminal Hamid Rusdi untuk menjadi tempat relokasi pedagang sementara waktu. Hal tersebut juga langsung ia komunikasikan dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur selaku pihak yang berwenang atas Terminal Tipe B tersebut. 

"Alternatifnya ya berati fungsi jalannya harus kita sterilkan. Jadi kita akan memindah di sini (Terminal Hamid Rusdi). Padahal di sana (Pasar Gadang) sudah ada pagar pembatas pasar. Ada mereka memanfaatkan badan jalan untuk berjualan," jelas Wahyu. 

Baca Juga : 2 Bulan Harus Beres, Pembongkaran Pasar Relokasi di Halaman Stadion Brantas Capai 50 Persen

Menurutnya, hal tersebut juga akan dimaksudkan untuk menghidupkan kembali aktivitas di Terminal Hamid Rusdi yang sudah selama bertahun-tahun mangkrak. Sehingga, harapannya jika sudah direlokasi nanti, aktivitas pedagang bisa turut mendongkrak aktivitas di Terminal Hamid Rusdi. 

"Jadi nanti akan hidup. Ada simbiosis mutualisme antar pedagang dan terminal untuk bisa memanfaatkan tempat," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan pj wali kota malang pasar gadang relokasi pedagang pasar gadang pemkot malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana