Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik PILKADA KABUPATEN BANYUWANGI 2024

Partai Nasdem Banyuwangi Buka Pendaftaran Calon Bupati – Wakil Bupati

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

01 - May - 2024, 18:01

Placeholder
Ketua Desk Pilkada DPD NasDem Banyuwangi, Thatet Yuniarto (nomor 3 dari kanan) bersama para calon anggota DPRD Banyuwangi di kantor DPD Partai NasDem Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem)  Banyuwangi membuka pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati (Bacabup-bacawabup) yang siap maju di Pilkada 2024. Pendaftaran bakal calon bupati ini dengan tagline “NasDem Memanggil”.

Pendaftaran bersifat terbuka bagi semua warga masyarakat yang memiliki potensi dan dapat memenuhi syarat serta tidak hanya bagi anggota partai politik (Parpol).

Baca Juga : DPC PKB Kabupaten Blitar Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar Pilkada 2024

Menurut Ketua Desk Pilkada DPD NasDem Banyuwangi, Thatet Yuniarto, pendaftaran Bacabup-bacawabup dibuka mulai tanggal 1-7 Mei 2024.

 Bagi masyarakat yang serius ingin maju sebagai cabup dan cawabup Banyuwangi periode 2024 – 2029 bisa langsung mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD Nasdem pada pukul kerja pukul 09.00-15.00 WIB.

 “Khusus hari terakhir pada 7 Mei, kami melayani pendaftaran pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB,” ujar Thatet di kantor DPD NasDem Banyuwangi, pada Rabu (1/5/2024).

 Thatet menuturkan pendaftaran cabup-cawabup NasDem ini tanpa mahar alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun, ada beberapa persyaratan khusus dan aturan main yang wajib dipenuhi dan ditaati  para Bacabup dan cawabup. Salah satunya, peserta diwajibkan menggandeng lembaga survei politik kredibel dan tersertifikasi yang sudah ditetapkan oleh NasDem.  “Lembaga survei ini nantinya akan membantu partai dalam rangka memenangkan kontestasi Pilkada Banyuwangi,” ujarnya.

 Thatet menambahkan, pendaftaran Bacabup-cawabup tidak hanya bisa dilakukan di kantor DPD NasDem Banyuwangi. Calon yang berminat juga bisa mendaftar melalui DPW NasDem Jatim atau langsung di DPP NasDem.

 Tim penjaringan Partai NasDem akan melakukan verifikasi data para peserta. Selanjutnya .berkas-berkas Bacabup dan cawabup Banyuwangi  yang memenuhi syarat seluruhnya akan dikirim ke DPP melalui DPW untuk diputuskan.

Baca Juga : SIM Habis pada Libur Hari Buruh, Polresta Malang Kota Beri Dispensasi Besok

 “Seluruh keputusan siapa yang nantinya ditunjuk oleh NasDem mutlak dari DPP. Kami di daerah hanya menjalankan tugas sesuai petunjuk pusat,” imbuh Thatet.

 Sebelum rekomendasi DPP turun, para Bacabup dan cawabup NasDem akan menjalani rangkaian tes, antara lain;  pre test dan tes wawasan kebangsaan. “Selain itu ada juga sekolah calon kepala daerah yang dilakukan oleh DPP,” sambungnya.

 Partai NasDem berharap, tokoh politik dan warga masyarakat yang memiliki minat,  keinginan dan kompetensi baik menjadi cabup dan cawabup dalam Pilkada Banyuwangi 2024 bisa langsung mendaftar sesuai jadwal yang ditetapkan.


Topik

Politik nasdem banyuwangi pilkada banyuwangi thatet yuniarto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya