Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Antisipasi Kepadatan, Polresta Malang Kota Siapkan Jalur Alternatif Menuju Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

08 - Apr - 2024, 17:08

Placeholder
Petugas kepolisian saat memantau kepadatan lalu lintas di Kota Malang.

JATIMTIMES - Waktu berlibur sudah di depan mata, salah satu destinasi tempat wisata yang kerapa menjadi jujukan adalah Kota Batu. Tak dipungkiri, Kota Malang sebagai jalur lintasan wisata yuk manfaatkan jalan alternatif untuk mencegah kemacetan.

Karena itu pada Operasi Ketupat Semeru 2024 mendatang, disiapkan beberapa rekayasa yang bisa dilintasi wisatawan. Diprediksi volume kendaraan yang masuk ke Kota Malang selama libur Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat sebesar 16,2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Satlantas Polresta Malang Kota telah menyiapkan dua alternatif bagi pengendara yang akan menuju Kota Batu. Alternatif ini disiapkan, agar pengendara tidak terjebak kemacetan, terlebih dititik rawan.

"Kami sudah menyiapkan dua alternatif jalan yang disiapkan yakni alternatif 1 via gerbang tol Madyopuro dan via gerbang tol Karanglo,” kata Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno.

Jalur alternatif via gerbang tol Madyopuro, yakni bisa melintas simpang 4 Madyppuro menuju Jal Ki Ageng Gribig - Jalan Danau Toba - Jalan Ranugrati - Jalan Urip Sumpharjo - Jalan PB Sudirman - Jalan WR Supratman - Jalan JA Suprapto.

Dari JA Suprapto bisa mengambil Jalan Buring - Jalan Bromo - Jalan Besar Ijen ke Jalan Bandung - Jalan Veteran menuju Jalan Bogor - Jalan Panjaitan - Jalan MT Haryono - Jalan Tlogomas - batas kota di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Selanjutnya alternatif via gerbang tol Karanglo bisa melintas ke Simpang 4 Karanglo - Batas Kota Malang Jalan A. Yani menuju Jalan Borobudur - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Soekarno Hatta - Jalan MT Haryono - Jalan Tlogomas - batas kota di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

“Jika masih terjadi kepadatan, akan dilakukan  alternatif lainnya yakni dari pintu keluar tol Singosari ditutup, dan arus lalinnya diarahkan ke Exit Tol Pakis,” imbuh Aris.

Sedang Dinas Perhubungan Kota Malang diprediksi kendaraan yang masuk sejumlah 59 ribu kendaraan. Dengan perkiraan 40 ribu kendaraan roda dua, dan 19 ribu kendaraan roda empat. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 16,2 persen dibandingkan dengan libur Lebaran tahun 2023 lalu.


Topik

Pemerintahan polresta malang kota rute malang batu jalan alternatif ke kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana