Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Napak Tilas Gedung Gajayana, Pj Wali Kota Malang Ingin Kembalikan Fungsi sebagai Gedung Kesenian

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Apr - 2024, 15:25

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat menjajal kursi di Gedung Gajayana sekaligus nostalgia (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gedung Kesenian Gajayana tak luput menjadi jujugan dalam Napak Tilas pada momen HUT ke-110 Kota Malang. Di gedung ini, Pj Wali Kota Malang ingin gedung bersejarah tersebut dikembalikan sebagaimana fungsinya.

Sejak menjabat sebagai Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat ingin Gedung Gajayana diperbaiki. Karena menurutnya, gedung tersebut memiliki sejarah panjang bagi dunia kesenian di Kota Malang.

Baca Juga : Menolak Lupa dan Merawat Ingatan Khas Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat pada 110 Tahun Kota Malang

“Iya akan kita perbaiki, kita sesuaikan. Karena ini banyak riwayatnya, banyak sejarahnya terutama warga Kota Malang, saya dan di atas saya. Karena ini dulu kan namanya Gedung Cenderawasih, nah untuk mengingat kita akan gunakan untuk resepsi hari jadi kita akan lakukan di sini,” kata Wahyu.

Pada resepsi HUT ke-110 Kota Malang nantinya, rencananya Pemkot Malang selain mengundang Forkopimda Plus, juga akan mengundang tokoh masyarakat yang memang memiliki kenangan tersendiri pada Gedung Gajayana.

“Kan yang kita undang orang orang lama, nah agar mereka mengingat dulu. Jadi bagian untuk melestarikan peninggalan yang kemarin, biar bisa tetap terjaga,” imbuh Wahyu.

Tribun tempat duduk Gedung Gajayana yang rencananya akan tetap dipertahankan (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Wahyu pun menegaskan meski berencana akan memperbaiki, pihaknya tetap akan mengembalikan gedung tersebut sesuai fungsinya. Hal itu agar masyarakat juga dapat menggunakan gedung tersebut sekaligus nostalgia.

“Ini fungsinya tetap akan kita buka untuk masyarakat yang ingin menggunakan atau yang ingin nostalgia. Sampai saat ini tetap banyak digunakan, untuk manten, organisasi lain yang ingin mengadakan acara menggunakan ini,” ungkap Wahyu.

Perbaikan yang akan dilakukan dijelaskan Wahyu meliputi tampilan gedung agar lebih menarik. Karena, nantinya gedung tersebut akan lebih indah jika tampilannya diperbarui.

Baca Juga : Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Kenang Naik Bemo Saat Remaja

“Lha ini akan kita sesuaikan supaya tampilan lebih bagus, cat kita perbaiki, kemudian kacanya juga akan kita bersihkan. Kalau kursi tetap seperti ini. Karena ini peninggalan. Nanti akan kita ajukan kepada DPRD. Nah ini anggaran sudah berjalan, nanti akan kita sampaikan pada DPRD untuk bisa memberikan anggaran merehabilitasi,” tutur Wahyu.


Topik

Pemerintahan Pemkot Malang HUT Kota Malang HUT 110 Kota Malang Wahyu Hidayat napak tilas gedung gajayana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni