Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Targetkan 2.000 Sertifikasi Halal bagi UMKM

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Feb - 2024, 16:08

Placeholder
UMKM Kabupaten Malang didorong untuk sertifikasi halal khususnya bagi makanan dan minuman.

JATIMTIMES - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang terus mendorong adanya sertifikasi halal bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tahun ini ditargetkan ada 2.000 UMKM yang segera tersertifikasi. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro M. Hidayat menyatakan, tahun lalu pihaknya menargetkan ada sekitar 1.000 UMKM baru yang tersertifikasi. Target tersebut dikatakan mampu tercapai bahkan melampaui lebih dari 1.000 UMKM.

Baca Juga : 7 Keunggulan iPhone 14 Pro Max Yang Harus Kamu Ketahui

"Dua kali lipat tahun ini dari sebelumnya kita targetkan tersertifikasi halal. Nanti melibatkan banyak pihak dalam pendampingan," ujar Hidayat, Minggu (4/2/2024).

Jumlah itu, kata Hidayat, merupakan yang telah diajukan kuota kepada kementerian terkait. Dimana Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menyediakan layanan sertifikasi halal yang setiap tahunnya membuka jutaan kuota pengajuan sertifikasi.

Beberapa langkah telah ditempuh dengan melakukan kerja sama berbagai bidang. Mulai dari pendamping akademisi hingga internal pendamping dari dinas dalam paguyuban UMKM di masyarakat. Pendamping di bawah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro mengayomi tingkat terbawah UMKM di desa hingga kecamatan dan kabupaten.

"Dari kami (Dinas) juga melakukan pendampingan UMKM, istilahnya jemput bola ke masyarakat," ucapnya. 

Pria yang disapa Dayat itu mengatakan butuh bantuan secara sinergis dari kementerian koperasi untuk membantu pelatihan teknis. Hal tersebut yang dinilai kurang dilakukan di Kabupaten Malang karena terbatasnya anggaran daerah.

"Sebenarnya dalam pelatihan selama mampu anggarannya kita bisa melakukan. Mulai dari perencanaan, menghasilkan produk, sampai cara pemasaran dan sertifikasinya," kata Dayat.

Baca Juga : 7 Keistimewaan iPhone 15 Plus

Ia memastikan upaya sertifikasi halal bagi UMKM sendiri tidak membutuhkan biaya. Hanya melampirkan beberapa syarat seperti NIB (Nomor Induk Berusaha) dan beberapa dokumen pelengkap lain sesuai ketentuan yang diberlakukan. Dayat cukup optimis karena tahun sebelumnya target sertifikasi mampu tercapai, sedangkan UMKM di Kabupaten Malang mulai bangkit dari keterpurukan beberapa tahun terakhir. 

"Optimis bisa dicapai karena banyak yang dilibatkan (penampingan)," kata dia. Jumlah UMKM di Kabupaten Malang juga masih banyak. Mantan Kepala Balitbangda Kabupaten Malang itu menyebut totalnya sekitar 438 ribu UMKM yang terdaftar di kementerian.

"Untuk itu, setiap saat selalu komunikasi dengan paguyuban UMKM, karena ada paguyuban tingkat kabupaten, kecamatan sampai desa. Mereka dikelompokkan sesuai bidangnya. Satu pintu kita dorong untuk bisa segera khususnya yang memerlukan sertifikasi," tutup Dayat.


Topik

Pemerintahan UMKM sertifikasi halal kabupaten malang dinas koperasi dan usaha mikro pemkab malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni