Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Kisah Pohon Kurma Menangis karena Rindu Rasulullah SAW 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

27 - Nov - 2023, 07:57

Placeholder
Ilustrasi pohon kurma (pixabay)

JATIMTIMES - Rasulullah SAW selalu dirindukan oleh setiap umatnya. Bahkan bukan hanya manusia, mahluk hidup lain seperti pohon kurma sampai menangis merindukan Rasulullah SAW. 

Kisah pohon Kurma yang menangis merindukan Rasulullah SAW ini, terdapat dalam sebuah hadits Imam Muslim dari Jabir radhiyallahu 'anhu. Ia berkata: 

Baca Juga : Situbondo Ethnic Festival 2023, Warga Keluhkan Konsep Tak Sebagus Tahun Kemarin

"Rasulullah SAW biasa berdiri di atas sebatang pohon kurma ketika berkhotbah. Setelah dibuatkan mimbar, kami mendengar sesuatu pada batang pohon kurma itu seperti suara teriakan unta yang bunting sehingga Nabi Muhammad SAW turun, lalu meletakkan tangannya pada batang kurma tersebut. Setelah itu, batang pohon itu pun diam." 

Kisah pohon kurma menangis karena merindukan Rasulullah, tak terlepas dari mukjizat beliau yang menakjubkan. Rasulullah SAW mendapatkan mukjizat istimewa dari Allah SWT. Beliau dapat mendengar suara tangisan pohon kurma karena pohon tersebut tidak mendengar lagi dzikir yang dibaca Nabi ketika Nabi beralih menggunakan mimbar. 

Dalam hadits lainnya, yakni hadist riwayat Bukhari, dijelaskan, "Ketika hari Jumat, Nabi SAW duduk di atas mimbar. Lalu batang kurma yang biasa beliau berkhutbah di sana itu berteriak, hampir-hampir batang kurma itu terbelah."

Dalam penjelasan versi redaksi lain mengkisahkan, "Lalu batang kurma itu berteriak seperti teriakan anak kecil. Maka Nabi SAW turun lalu memegangnya dan memeluknya. Setelah itu, mulailah batang pohon itu mengerang seperti erangan anak kecil yang sedang diredakan tangisannya sampai ia terdiam. 

Kemudian, Rasulullah SAW kembali bersabda, "Ia menangis karena dzikir yang dulu biasa ia dengar."

Mencintai Rasulullah SAW menjadi sebuah kewajiban setiap umat muslim. Dalam Al-Quran Surat An Nisa ayat 80, Allah SWT berfirman, "Barangsiapa mentaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah."

Baca Juga : Ribuan Anak Muda Hadiri Salawat Kebangsaan Kiai Muda Ganjar Bersama Gus Ali Gondrong 

Hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sehingga menjadikan aku lebih ia cintai dari orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia."

Dari kisah ini, menunjukkan begitu besar kecintaan sebuah Pohon Kurma kepada Rasulullah SAW. Lantas bagaimana kita sebagai umatnya? Ungkapan penuh makna disampaikan Imam Hasna Al Bashri. 

Beliau berkata, "Wahai kaum muslimin, batang kurma saja bisa merintih karena rindu bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kalian harusnya lebih berhak rindu pada beliau." (Fath Al-Bari).


Topik

Agama pohon kurma menangis kisah Rasulullah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri