Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tahun 2024, Pemkot Malang Bakal Naikkan Insentif Guru PAUD

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

25 - Nov - 2023, 12:40

Placeholder
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat bersama sejumlah siswa dalam peringatan Hari Guru Nasional, Sabtu (25/11/2023).(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut salah satunya bakal dilakukan dengan meningkatkan kesejahteraan guru. Baik di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

"Untuk meningkatkan kualitas guru tentu ada sarana prasarana dan kesejahteraannya akan mereka dapatkan," ujar Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga : Jokowi Sebut Guru Punya Tingkat Stres Paling Tinggi Dibanding Pekerjaan Lainnya

Terkhusus untuk jenjang PAUD, Wahyu memastikan bahwa nanti akan ada kenaikan pada tahun 2024 mendatang. Selain itu, dirinya juga berharap ada instrument lain yang bisa diprogramkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

"Kenaikan tunjangan PAUD, nah itu nanti naik di tahun 2024. Ini kan nanti kita bahas di APBD 2024 ini ya, ada beberapa yang kita inginkan bisa kita berikan pada guru-guru dan ini tergantung nanti pembahasan dengan DPRD (Kota Malang)," terang Wahyu.

Sementara itu, kenaikan insentif bagi guru PAUD juga dipastikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana. Kenaikannya sebesar Rp 150.000. Dari yang semula Rp 600.000 menjadi Rp 750.000.

"Yang jelas bagi guru PAUD dan TK, itu ada kenaikan dari Rp 600 ribu ke Rp 750 ribu. Kita sesuaikan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah). Tunjangan Rp 750 ribu itu di APBD 2024, Insya  99 persen sudah pasti di Rp 750 ribu," terang Suwarjana.

Sedangkan untuk guru tidak tetap (GTT) di jenjang SD dan SMP, dirinya belum dapat memastikan tentang kenaikan insentif. Pasalnya, khusus untuk jenjang SD dan SMP, Disdikbud masih harus memperhatikan beberapa hal untuk menaikan insentif.

Baca Juga : KIM Kota Kediri Bentuk TKD, Targetkan Prabowo Gibran Menang Satu Putaran

 

"Untuk guru GTT SD, SMP, itu mereka akan dinaikkan dengan melihat juga masa kerja mereka. Intinya seperti itu. Kita gak bisa bicara kisaran karena disesuaikan dengan masa kerjanya," pungkas Suwarjana.

Sebagai informasi, saat ini jumlah guru PAUD di Kota Malang ada sebanyak 2.880 orang. Rencana kenaikan insentif bagi guru PAUD itu saat ini tengah dibahas. Dan diharapkan bisa terealisasi pada tahun 2024 mendatang.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya