Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jokowi Sebut Guru Punya Tingkat Stres Paling Tinggi Dibanding Pekerjaan Lainnya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

25 - Nov - 2023, 12:03

Placeholder
Unggahan Jokowi di Hari Guru Nasional. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus Hari Guru Nasional. Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan hasil riset bahwa pekerjaan menjadi guru adalah pekerjaan yang paling bikin stres.

"Menjadi guru itu bukan pekerjaan yang ringan. Menurut lembaga riset internasional, RAND Corporation 2022, saya kaget juga setelah membaca bahwa tingkat stres guru itu lebih tinggi dari pekerjaan yang lain," kata Jokowi dari mimbar HUT ke-78 PGRI, di Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga : KIM Kota Kediri Bentuk TKD, Targetkan Prabowo Gibran Menang Satu Putaran

Sambil berkelakar, Jokowi melihat wajah-wajah guru yang hadir di acara ini tampak ceria. Barangkali riset internasional tersebut salah bila hanya melihat guru-guru di ruangan ini.

Jokowi lalu mengatakan, guru saat ini memang menghadapi masa kesulitan.

"Ini lembaga riset internasional bahwa tingkat stres guru ini lebih tinggi dibandingkan pekerjaan yang lain. Kenapa? Di situ disebutkan antara lain karena perilaku siswa, juga karena perubahan kurikulum," kata Jokowi.

Pada saat Jokowi menyebut perubahan kurikulum sebagai salah satu faktor stres guru, para hadirin riuh. Namun menurut Jokowi, perubahan kurikulum adalah keniscayaan yang perlu. Namun selain itu, Jokowi menambahkan salah satu faktor utama perubahan adalah karena perkembangan teknologi.

"Dan juga karena perkembangan teknologi," kata Jokowi.

Perjuangan guru di perkotaan cenderung lebih ringan ketimbang perjuangan guru di pelosok. Jokowi melihat kondisi sekolah-sekolah di daerah pelosok masih perlu ditingkatkan. Itu adalah tugas Menteri Pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan di daerah pelosok.

"Mungkin yang di kota-kota lebih enak. Tapi untuk guru-guru yang bekerja di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) yang infrastrukturnya terbatas, yang fasilitasnya terbatas, yang gurunya juga terbatas, ini saya pastikan lebih berat," kata Jokowi.

Sementara dalam postingannya di Instagram, Jokowi menuliskan refleksi singkat terkait sosok pendidik.

Dia menekankan guru bukan lagi sekadar seorang yang digugu dan ditiru, namun merupakan penentu laju peradaban.

Baca Juga : Kabar Baik di Hari Guru, Mas Dhito: Insentif Naik Jadi Rp 21 Miliar

"Guru bukan lagi sekadar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa," tulis Jokowi dalam unggahan di akun media sosial Instagram @jokowi, Sabtu (25/11).

Mantan Wali Kota Solo itu menilai guru akan menjadi jembatan anak-anak masa kini untuk melangkah. Hal itu terutama untuk menggapai masa depan.

“Mereka menjadi jembatan anak-anak masa kini untuk melangkah ke masa depan,” ucapnya.

Menurut Jokowi, banyak harapan tergantung sosok guru. Jokowi pun kembali menulis ucapan hari guru.

“Di pundak mereka tersampir harapan orangtua, masyarakat dan bangsa besar ini. Selamat Hari Guru Nasional,” tutupnya.

Dalam unggahannya Jokowi terlihat menggunggah foto guru yang tengah mengajar di antara murid-murid. Murid-murid itu terlihat memakai seragam khas sekolah merah putih untuk sekolah dasar, putih-biru untuk sekolah menengah pertama dan putih-abu-abu untuk sekolah menengah atas.

Sebagai informasi tambahan, Hari Guru Nasional merupakan salah satu hari nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun 2023 ini merupakan peringatan HGN yang ke-78 sejak diperingati pertama kali pada tahun 1945.


Topik

Peristiwa Jokowi Hari Guru Nasional HGN tingkat stres guru



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri