Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Ada 1.130 Usulan di Musrenbang Lowokwaru untuk RKPD 2024

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Feb - 2023, 15:00

Placeholder
Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho saat memberikan sambutan dan pengarahan di Musrenbang Kecamatan Lowokwaru dalam rangka penyusunan RKPD Kota Malang Tahun 2024, Rabu (1/2/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Lowokwaru mulai digelar dengan menampung sebanyak 1.130 usulan dari Musrenbang di tingkat kelurahan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Malang Tahun 2024. 

Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho menyampaikan, bahwa usulan masyarakat di momentum musrenbang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Hal itu seperti terlihat dari usulan tahun 2022 untuk RKPD Kota Malang Tahun 2023 dengan usulan 2023 untuk RKPD Kota Malang Tahun 2024. 

Baca Juga : Mahfud MD Tanggapi Soal Vonis Ferdy Sambo 13 Februari Mendatang

"Usulan Tahun 2022 untuk tahun 2023 itu 871 usulan, kemudian yang terakomodir di kelurahan itu sekitar 448 dan pokirnya 492. Kemudian tahun 2023 untuk tahun 2024 usulannya 1.130," ungkap Joao saat memberikan sambutan di Aula Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Rabu (1/2/2023). 

Pihaknya menjelaskan, sementara ini yang terakomodir sebanyak 559 usulan. Di mana tersisa 571 usulan yang belum terakomodir. Oleh karena itu, dengan sisa 571 usulan yang belum terakomodir tersebut, terbuka bagi jajaran anggota DPRD Kota Malang melalui pokok pikiran (pokir) untuk memfasilitasi usulan dari masyarakat tersebut. 

"Artinya masih ada 571 usulan yang jalan-jalan, termasuk ke bapak ibu perangkat daerah dan nanti kami berharap perhatian bapak ibu anggota DPRD Dapil Lowokwaru. 571 yang masih mencari tempat untuk dibantu diselesaikan," jelas Joao. 

Foto bersama.

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan, bahwa sebanyak 1.130 usulan dari masyarakat ini merupakan sebuah kebutuhan masyarakat yang harus difasilitasi. "Kalau 1.130 usulan itu dinominalkan sekitar Rp 154 miliar yang dibutuhkan Kecamatan Lowokwaru untuk menyelesaikan kebutuhan masyarakat untuk tahun 2024," tutur Joao. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang Dwi Rahayu menyampaikan, bahwa sebanyak 1.130 usulan di Musrenbang Kecamatan Lowokwaru sudah masuk dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). 

"Tapi 1.130 usulan itu belum tentu bisa masuk di perangkat daerah karena kan menyesuaikan anggaran di perangkat daerah juga," ujar Dwi. 

Baca Juga : Pemilihan Anggota DPRD 2024, KPU Kabupaten Blitar Siapkan 3 Skenario Dapil

Pihaknya mengatakan, nantinya setelah musrenbang di tingkat kecamatan telah selesai dilaksanakan, tahapan berikutnya akan digelar Forum Lintas Perangkat Daerah yang direncanakan digelar pada tanggal 23 Februari 2023. 

"Habis itu tanggal 13 Maret 2023 kita pra musrenbang tingkat kota, setelah itu musrenbang tingkat kotanya Insya Allah tanggal 20 Maret, kalau tidak diubah sama provinsi. Habis itu selesai, kita penetapan RKPD 2024," tandas Dwi. 

Sebagai informasi, dalam Musrenbang Kecamatan Lowokwaru dihadiri oleh empat orang anggota DPRD Kota Malang daerah pemilihan Lowokwaru yakni I Made Riandiana Kartika, Trio Agus Purwono, Ahmad Fuad Rahman dan Pujianto. Kemudian juga hadir jajaran lembaga kemasyarakatan serta seluruh perwakilan perangkat daerah di lingkup Pemkot Malang.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni