Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Ekspedisi Mata Air dan Susur Sungai di Kota Batu Temukan 225 Mata Air

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Oct - 2022, 19:52

Placeholder
Salah satu sumber di Kota Batu. (Foto: JatimTIMES)

JATIMTIMES - Beberapa saat lalu beberapa instasi bersama melalukan ekspedisi mata air dan susur sungai di aliran Sungai Brantas, Kota Batu. Hasilnya telah ditemukan setidaknya sejumlah 225 mata air.

Hal tersebut diklaim Komunitas Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) salah satu yang mengikuti ekspedisi tersebut. Dengan adanya temuan tersebut, mereka mendesak agar instansi terkait lebih mengakurasikan data jumlah mata air yang masih eksis di Kota Batu.

Baca Juga : Banjir Luapan Kerap Jadi Langganan Saat Hujan di Kota Batu, Kata Dewanti Ini Penyebabnya

Apalagi sebelumnya Perumdam Among Tirto mencatat, keberadaan sumber mata air hingga 2022 ini hanya tersisa 58 titik, dari sebelumnya masih terdapat 111 titik. Tak hanya itu, debit air juga diyakini mengalami penurunan.

Menurut Among Tirto, faktor yang berpengaruh dalam penurunan sumber mata air ini terjadi karena beberapa hal. Pertama, pembangunan yang tidak ramah lingkungan. Kemudian minimnya ruang terbuka hijau (RTH) dan maraknya pengeboran sumur bor yang tidak terkontrol.

Sementara itu Aktivis Sabers Pungli Ahmad Rifai mengatakan, ekspedisi mata air dan susur sungai telah tuntas dilaksanakan. Hal ini untuk mengetahui kondisi nyata dari sungai-sungai di Kota Batu yang menjadi hulu dari Sungai Brantas.

“Dalam ekspedisi mata air dan susur sungai yang telah dilakukan, Sabers Pungli mengklaim telah menemukan sebanyak 225 mata air di wilayah Kota Batu,” ucap Mad Berlin panggilan akrab Ahmad Rifai.

Baca Juga : Fokus Giat Keagamaan dan Libatkan Masyarakat, HUT Ke 21 Kota Batu Optimis Bangkit dan Berjaya

Sementara itu ekspedisi itu digelar untuk mengetahui informasi terbaru terkait perubahan tata ruang dan perubahan tangkapan air di sepanjang aliran sungai Brantas agar semua waspada terhadap perubahan kondisi di Sungai Brantas.


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni