26/11/2022 Bahasa Indonesia Miliki Kesamaan dengan Bahasa Negara Lain, Layak Jadi Bahasa Internasional? | Jatim TIMES

Bahasa Indonesia Miliki Kesamaan dengan Bahasa Negara Lain, Layak Jadi Bahasa Internasional?

Sep 18, 2022 12:58
Salah satu ucapan dari bahasa Indonesia yang sama dengan bahasa Afrika Selatan (foto: tangkapan layar video)
Salah satu ucapan dari bahasa Indonesia yang sama dengan bahasa Afrika Selatan (foto: tangkapan layar video)

Pewarta: Hendra Saputra | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Tanpa disangka, bahasa Indonesia ternyata memiliki kesamaan dengan bahasa dari luar negeri. Dan beberapa di antaranya bahkan bukan dari negara tetangga.

Baru-baru ini, viral di sejumlah WhatsApp Grup (WAG) video yang menunjukkan bahasa Indonesia memiliki kesamaan dengan bahasa dari negara lain.

Baca Juga : Tiga Kali Terpilih Jadi Ketua PBSI Kota Malang, Ini yang Akan Dilakukan Heri Mursid

Diperkirakan, kesamaan bahasa karena dipengaruhi hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tersebut sejak dulu, baik pada masa penjajahan hingga adaptasi bahasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 negara yang memiliki kosakata bahasa sama dengan Indonesia. Apa saja?

1. Belanda

Negara Belanda tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebab, negeri kincir angin itu menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. Maka tak heran, apabila ada kosakata kedua negara yang hampir menyerupai dari segi ucapannya.

Bahasa-bahasa yang sama antara Indonesia dan Belanda ini mulai dari percakapan sehari-hari, nama benda, hingga nama-nama makanan. Berikut tujuh di antaranya:

Antik = Antiek

Andil = Aandeel

Ritsleting = Ritsleting

Rem = Rem

Pistol = Pistool

Tas = Tas

Kopi = Kopie

 

2. Arab

Sebagian bahasa Indonesia diperkirakan juga hasil adaptasi dari kosakata Arab. Hal ini tak lepas dari peran para pedagang dari Jazirah Arab dulu yang berniaga sekaligus menyebarkan Islam ke nusantara.

Beberapa kosakata Indonesia yang mirip dengan bahasa Arab, dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikut tujuh di antaranya:

Mustahil = Mustahil

Sabar = Sabr

Kamis = Khamis

Jadwal = Jadwal

Asli = Asli

Miskin = Miskin

Nafas = Nafas

 

3. Afrika Selatan

Jangan heran, bahasa Afrika Selatan juga punya kemiripan dengan kosakata Indonesia, lho. Bahkan memiliki persamaan pengucapan dan arti, meski tak ada riwayat sejarah penjajahan antar kedua negara ini.

Berikut di antaranya kosakata kedua negara tersebut yang sama-sama mirip:

Kamar = Kamer

Keran = Kraan

Selamat = Slamat

Kalkun = Kalkoen

Wortel = Wortel

Ember = Emmer

Gorden = Gordyn

Terimakasih = Tramakasie

 

4. Portugal

Seperti halnya Belanda, bangsa Portugis pernah menjajah sebagian wilayah nusantara. Hal ini tentu  juga berpengaruh kepada bahasa yang digunakan masyarakat saat itu hingga turun temurun sampai saat ini.

Ada beberapa kosakata milik Indonesia terdengar mirip dengan bahasa Portugal. Beberapa kosakata tersebut, tujuh di antaranya:

Bola = Bola

Mentega = Manteiga

Sepatu = Sapato

Pita = Fita

Bendera = Bandeira

Palsu = Falso

Gereja = Igreja

 

5. Irak, Afganistan, Uzbekistan (Bahasa Persia)

Pengaruh Persia terhadap Indonesia kebanyakan dalam bidang kebudayaan, pemikiran, kesusastraan, hingga ajaran tasawuf atau sufisme. Tak heran jika ada kosakata Indonesia ada yang mirip bahasa Persia, terutama dari segi pengucapan.

Wilayah Persia di antaranya meliputi Irak, Iran, Afganistan hingga Uzbekistan. Berikut tujuh kosakata Indonesia mirip Persia:

Nahkoda = Nakhoda

Piala = Peeyale

Nisan = Nisan

Jawab = Javab

Nasihat = Nasihat

Pahlawan = Pahlevan

Kismis = Keshmesh

 

6. India

India memiliki kosakata, bahasa dan pengucapan yang serupa dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan, hubungan antara Indonesia dan India sudah terjalin sejak lama melalui perniagaan.

Tak hanya itu saja, bahkan budaya, tradisi, agama, dan bahasa juga memiliki kesamaan antar keduanya. Berikut ini tujuh di antaranya:

Mangga = Manga

Utara = Uttar

Bahasa = Bhasha

Asli = Asli

Kapal = Kappal

Sabun = Shaban

Manusia = Manush

 

7. Filipina

Filipina memiliki bahasa resmi bernama Tagalog, dan terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Ternyata, terdapat di antaranya beberapa kosakata Tagalog yang mirip dengan bahasa Indonesia.

Kemiripan kosakata antara Filipina dan Indonesia ini bukan hanya dari pengucapannya saja, tapi juga cara penulisannya pun tak jauh berbeda. Berikut tujuh di antaranya:

Kambing = Kambing

Utang = Utang

Pintu = Pinto

Bulan = Buwan

Takut = Takot

Bola = Bola

Langit = Langit

Sementara itu, saat ini bahasa Indonesia banyak dibicarakan akan didorong untuk menjadi bahasa internasional.

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, menegaskan, upaya internasionalisasi bahasa Indonesia merupakan perwujudan jati diri dan upaya meningkatkan daya saing bangsa.

Baca Juga : September Sip, Tandon Air di Graha Bangunan Diskon 5%

“Bahasa Indonesia juga sebagai salah satu aset daya lunak atau soft power Indonesia yang dapat dimanfaatkan dalam diplomasi publik,” ungkap Faizasyah dikutip Republika.com.

Di sisi lain, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melihat masih ada tantangan yang harus dihadapi untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Di antaranya, masih lemahnya sinergi antar pemangku kepentingan dan beragamnya sikap bahasa para pelaku diplomasi bahasa.

“Dalam dua tahun terakhir banyak pihak melakukan berbagai upaya internasionalisasi Bahasa Indonesia, namun masih sektoral dan dilakukan secara terpisah. Untuk menguatkan posisi Bahasa Indonesia diperlukan sinergi semua sektor dan antaraktor diplomasi bahasa,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, E Aminuddin Aziz.

Judul berita Bahasa Indonesia Miliki Kesamaan dengan Bahasa Negara Lain, Layak Jadi Bahasa Internasional?.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bahasa Asing Bahasa Indonesia

Berita Lainnya