Dabbatul Ardh, Pembawa Tongkat Nabi Musa dan Cincin Nabi Sulaiman Menjelang Hari Kiamat | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dabbatul Ardh, Pembawa Tongkat Nabi Musa dan Cincin Nabi Sulaiman Menjelang Hari Kiamat

Aug 03, 2022 10:42
Ilustrasi Dabbah.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi Dabbah.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Dabbatul Ardh atau disebut dengan Dabbah, adalah sebuah frasa yang berarti binatang atau hewan buas. Dalam Islam, Dabbah termasuk salah satu tanda sebelum datangnya hari penghakiman atau hari kiamat. 

Hal tersebut juga dijelaskan dalam video yang diunggah akun TikTok @blash.punch. Di dalamnya diceritakan bahwa Dabbah akan muncul dari dalam perut bumi. Dan akan keluar ketika Ya'juj Ma'juj mati akibat wabah ulat yang diturunkan Allah kepada mereka. 

Baca Juga : Usai di Qishas, Allah Jadikan Makhluk Ini Tanah

Juga diceritakan, Dabbah akan berwujud dengan kepala menyerupai kepala kerbau, bermata seperti babi, bertelinga seperti gajah, bertanduk seperti rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa. Warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta. 

Saat muncul, Dabbah juga disebut memiliki misi dan tujuan. Yakni akan berbicara kepada manusia bahwa, "Sesungguhnya manusia sudah tidak yakin kepada ayat-ayat Allah".

Dijelaskan bahwa Dabbah akan menjerit di kawasan Makam Ibrahim dan Hajar Aswad sambil menebar-nebarkan tanah di atas kepalanya. Kemudian ia akan menghadap ke timur dan barat lalu mengaum. 

Suaranya yang keras dan terdengar hingga ke penjuru dunia, disebut akan membuat orang kafir akan berlarian karena takut. 

Dalam keadaan yang sama, orang mukmin mengetahui bahwa yang bersuara keras itu adalah Dabbah, dan mereka tetap di tempat mereka dan tidak mengalami ketakutan apapun.

Baca Juga : Mengenal Majelis Salawat Narju Syafa’ah Banyuwangi

Dabbah ini nantinya akan membawa tongkat nabi Musa dan Cincin Nabi Sulaiman. 

Abu Dawud At Tayalisi mencatat dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda "Binatang (Dabbah) ini akan muncul dari perut bumi dan akan membawa tongkat Musa dan memakai cincin Sulaiman. 

Ia akan memukul orang kafir dengan tongkat itu, dan akan mengusap wajah orang beriman sehingga cerah dengan cincin itu. Ketika mereka makan bersama, mereka akan saling mengenali orang yang beriman dan mana orang yang kafir".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dabbatul ardh Yajuj dan Majuj

Berita Lainnya