06/12/2022 Anggota Komisi V DPR Tinjau 6 Titik Penerima P3TGAI dan Pembangunan Jembatan Gantung di Tulungagung  | Jatim TIMES

Anggota Komisi V DPR Tinjau 6 Titik Penerima P3TGAI dan Pembangunan Jembatan Gantung di Tulungagung 

Jul 30, 2022 20:22
Anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu saat meninjau P3TGAI di Desa Jatimulyo. Sabtu, 30/7/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu saat meninjau P3TGAI di Desa Jatimulyo. Sabtu, 30/7/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDIP Sri Rahayu meninjau 6 titik penerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) 2022 di Kabupaten Tulungagung. Selain meninjau hasil pelaksanaan P3TGAI, Sri Rahayu juga meninjau proses pembangunan jembatan gantung atau jembatan pertolongan yang menghubungkan Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu dengan Kelurahan Kedungsoko, Kecamatan Tulungagung.

"Kegiatan ini dalam rangka melihat secara langsung pertama pelaksanaan dan kedua pemanfaatan P3TGAI di Kabupaten Tulungagung," kata wanita yang akrab disapa Yayuk di Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga : Ini Pantangan di Bulan Suro yang Dipercayai Masyarakat Tulungagung

Menurut Yayuk, P3TGAI merupakan program dari Kementerian PUPR khususnya Dirjen Sumberdaya Air yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Tulungagung.

Untuk penerima P3TGAI yang dikunjungi adalah wilayah Kecamatan Ngantru, Karangrejo, Kauman, Gondang, Boyolangu dan Rejotangan. "Dan ketika saya turun ke lapangan memang ternyata sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Masyarakat merasa terbantu dengan adanya program itu," ungkapnya.

Dalam kunjungannya di lapangan, Yayuk mengaku, banyak aspirasi yang masuk, diantaranya P3TGAI belum bisa mencover seluruh saluran irigasi yang ada di titik penerima program. Itu pun dikarena P3TGAI volume dan anggarannya pun dibatasi.

Untuk itu, dia menyarankan agar masyarakat mengajukan kembali agar saluran irigasi bisa tercover pembangunannya secara keselurahan, namun itu pun harus bergilir karena P3TGAI juga harus dilakukan pemerataan.

Anggota Komisi yang membidangi infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal dan transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika serta Pencarian dan Pertolongan itu menjelaskan, P3TGAI adalah program untuk menyukseskan salah satu program prioritas pemerintah yaitu kedaulatan pangan.

Selain Komisi V DPR, lanjutnya, pembina fraksi PDIP yakni Puan Maharani juga mendorong agar keberadaan dari program itu terus ada dan berlanjut.

"Selain P3TGAI, program yang juga didorong adalah program BSPS. Karena bisa membantu masyarakat yang tidak punya rumah atau rumahnya tidak layak huni," ungkapnya.

Menurut Yayuk, pembina fraksinya juga mendorong dan memerintahkan seluruh anggota fraksi khususnya yang ada di Komisi V DPR untuk turun ke lapangan melihat sejauh mana manfaat dari program itu.

Baca Juga : Wakil Ketua MPR Yandri Imbau Siswa di Kota Malang Jauhi Narkoba

Selain mengukur seberapa besar manfaat program, agenda turun lapangan juga untuk mengetahui masukan atau evaluasi terhadap keberadaan program demi kepentingan masyarakat khususnya dibidang pertanian dan perumahan.

Sepanjang 2021 hingga pertengahan 2022, Yayuk mengaku, sudah membawa aspirasi masyarakat dan dituangkan dalam program pembangunan yang nilainya mencapai milyaran rupiah. Dan bagi masyarakat yang Tulungagung yang ingin menyampaikan aspirasinya, bisa langsung menghubungi tim-timnya yang ada di Tulungagung bisa melalui Pemerintah Desa atau langsung dari masyarakat sendiri.

"Aspirasi bisa langsung disampaikan kepada tim-tim saya. Atau bisa di sampaikan ke kantor DPC PDIP Tulungagung," tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ngrendeng Nurjiman menyampaikan terimakasih atas bantuan saluran irigasi dari jalur aspirasi anggota Komisi V DPR Sri Rahayu. Menurutnya, tanpa adanya dukungan program itu, saluran irigasi di desa tidak akan mampu dibangun, karena Dana Desanya tidak mampu untuk mencover pembanguan irigasi itu.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Sri Rahayu. Tanpa bantuan dukungan program irigasi desa Ngrendeng akan tetap begitu-begitu saja," kata Nurjiman.

Judul berita Anggota Komisi V DPR Tinjau 6 Titik Penerima P3TGAI dan Pembangunan Jembatan Gantung di Tulungagung .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
p3tgai 2022 tulungagung DPR RI

Berita Lainnya