Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Tips Buat Nasi Goreng Tetap Merah Tanpa Saus dan Tahan Lama, Ini Rahasianya

Penulis : Irsya Richa - Editor : Pipit Anggraeni

16 - Feb - 2022, 19:00

Placeholder
Dua chef saat menggoreng nasi goreng di depan Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Nasi goreng memang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang kerap menjadi andalan. Namun memang tak mudah untuk memasaknya sendiri di rumah. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar nasi goreng terasa lebih enak dan tahan lama.

Beberapa trik tersebut dibagikan Wakil Ketua DPW ICI Jatim Alfarizzi Ananda Josze. Menurutnya, salah satu tipsnya untuk menjaga nasi goreng lebih tahan lama adalah memasaknya dengan menggunakan kompor jos. Karena kompor tersebut akan memberi panas yang merata pada seluruh bagian wajan.

Baca Juga : Salah Satu Pencuri Mobil Taksi Online Adalah Residivis Ranmor R2, Baru Keluar Penjara 4 Bulan Lalu

“Setiap orang bisa masak, cuma caranya kalau metode masak nasi goreng harus pakai kompor jos,” kata Rizzi, Rabu (16/2/2022). 

Ketiaka panas merata, lanjutnya, maka akan membuat tingkat kematangan nasi goreng juga merata. “Kenapa orang jual nasi goreng itu pakai kompor jos karena nanti matangnya rata,” tambah Rizzi.

Ketika nasi goreng matang secara merata, maka tidak akan mudah basi jika dimakan lagi. “Karena kalau panas merata, air pada nasi ini kering jadi kalau masih disimpan nggak akan basi, beda yang basah pasti basi,” ujar Rizzi yang juga chef di De Bamboo Restaurant.

Kemudian cara menyajikan nasi orang agar terlihat warnanya tetap merah tanpa menggunakan saus adalah dengan menggunakan cabai merah. Namun cara memperlakukannya pun memang agak berbeda. Yakni dengan cara biji cabai dibuang. Kemudian cabai digeprek terlebih dahulu. Dengan demikian, akan menghasilkan bumbu yang memiliki warna merah.

Baca Juga : Bejat, 2 Nenek Jadi Korban Pencabulan Tukang Becak di Tuban

“Biar merah sekali pakai cabai merah, nggak pakai saus lagi. Cuma caranya saja biji dihilangkan, lalu digeprek,” tutup Rizzi. 

Dengan mengandalkan cabai merah tidak perlu lagi ditambahkan saus, dan aroma makanan semakin sedap.


Topik

Kuliner



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Pipit Anggraeni