30/11/2022 Tips Buat Nasi Goreng Tetap Merah Tanpa Saus dan Tahan Lama, Ini Rahasianya | Jatim TIMES

Tips Buat Nasi Goreng Tetap Merah Tanpa Saus dan Tahan Lama, Ini Rahasianya

Feb 16, 2022 19:00
Dua chef saat menggoreng nasi goreng di depan Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Dua chef saat menggoreng nasi goreng di depan Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Nasi goreng memang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang kerap menjadi andalan. Namun memang tak mudah untuk memasaknya sendiri di rumah. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar nasi goreng terasa lebih enak dan tahan lama.

Beberapa trik tersebut dibagikan Wakil Ketua DPW ICI Jatim Alfarizzi Ananda Josze. Menurutnya, salah satu tipsnya untuk menjaga nasi goreng lebih tahan lama adalah memasaknya dengan menggunakan kompor jos. Karena kompor tersebut akan memberi panas yang merata pada seluruh bagian wajan.

Baca Juga : Salah Satu Pencuri Mobil Taksi Online Adalah Residivis Ranmor R2, Baru Keluar Penjara 4 Bulan Lalu

“Setiap orang bisa masak, cuma caranya kalau metode masak nasi goreng harus pakai kompor jos,” kata Rizzi, Rabu (16/2/2022). 

Ketiaka panas merata, lanjutnya, maka akan membuat tingkat kematangan nasi goreng juga merata. “Kenapa orang jual nasi goreng itu pakai kompor jos karena nanti matangnya rata,” tambah Rizzi.

Ketika nasi goreng matang secara merata, maka tidak akan mudah basi jika dimakan lagi. “Karena kalau panas merata, air pada nasi ini kering jadi kalau masih disimpan nggak akan basi, beda yang basah pasti basi,” ujar Rizzi yang juga chef di De Bamboo Restaurant.

Kemudian cara menyajikan nasi orang agar terlihat warnanya tetap merah tanpa menggunakan saus adalah dengan menggunakan cabai merah. Namun cara memperlakukannya pun memang agak berbeda. Yakni dengan cara biji cabai dibuang. Kemudian cabai digeprek terlebih dahulu. Dengan demikian, akan menghasilkan bumbu yang memiliki warna merah.

Baca Juga : Bejat, 2 Nenek Jadi Korban Pencabulan Tukang Becak di Tuban

“Biar merah sekali pakai cabai merah, nggak pakai saus lagi. Cuma caranya saja biji dihilangkan, lalu digeprek,” tutup Rizzi. 

Dengan mengandalkan cabai merah tidak perlu lagi ditambahkan saus, dan aroma makanan semakin sedap.

Judul berita Tips Buat Nasi Goreng Tetap Merah Tanpa Saus dan Tahan Lama, Ini Rahasianya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
tips membuat nasi goreng nasi goreng enak

Berita Lainnya