Tingkatkan Kemandirian, Dinsos Kota Kediri Bekali Pelatihan Keterampilan Bagi ex-ODGJ | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tingkatkan Kemandirian, Dinsos Kota Kediri Bekali Pelatihan Keterampilan Bagi ex-ODGJ

Dec 28, 2021 19:32
Dinas Sosial Kota Kediri bekali ex-ODGJ dengan ketrampilan. (Foto: Pemkot Kediri)
Dinas Sosial Kota Kediri bekali ex-ODGJ dengan ketrampilan. (Foto: Pemkot Kediri)

JATIMTIMES - Tidak lepas tangan pasca pasien ODGJ dinyatakan membaik, Dinas Sosial Kota Kediri bekali ex-ODGJ dengan keterampilan. Seperti yang dilakukan di kelurahan Ngampel, Dinas Sosial bersama pokmas waras 87 berikan pelatihan keterampilan sederhana.

Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri mengatakan, ada beberapa macam pelatihan sederhana yang diberikan kepada total 20 orang ex-ODGJ se-Kecamatan Mojoroto, Selasa, (28/12/2021). Sedangkan, untuk ex-ODGJ di wilayah Kecamatan Pesantren dan Kota telah terlaksana di aula Dinas Sosial dengan total peserta 20 orang pada Senin, (27/12/2021).

Baca Juga : Obati Kerinduan Warga Banyuwangi, Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Sukses Digelar

“Ada beberapa macam pelatihan yang kami berikan kepada total 40 peserta se-Kota Kediri, disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing peserta,” terangnya, Selasa, (28/12/2021).

Pelatihan-pelatihan tersebut diantaranya adalah pembuatan keset dari kain perca dan meronce manik-manik menjadi berbagai macam aksesoris seperti kalung, gelang, konektor masker hingga tasbih.

“Selama pelatihan mereka didampingi oleh 6 fasilitator yang bertugas mengarahkan dan membantu para peserta ini,” imbuhnya.

Dikatakan oleh Kutut, kegiatan tersebut tidak berhenti pada pelatihan saja, melainkan mereka juga diajari untuk melakukan pemasaran langsung di kantor Dinas Sosial Kota Kediri.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat membantu meringankan beban mereka mengingat mereka berasal dari golongan keluarga tidak mampu menuju kemandirian,” kata Kutut.

Baca Juga : Pemkab Lumajang Mendapat Penghargaan atas Implementasi Perhutanan Sosial

Sementara itu, melihat semangat dari kelompok masyarakat waras 87 Kelurahan Ngampel, pihaknya memberikan apresiasi atas sinergitas yang dibangun. “Kami sangat mengapresiasi atas sinergitas pokmas waras 87 dalam kepeduliannya terhadap penanganan disabilitas mental/ODGJ,” ungkapnya.

“Kami terus mendorong kepedulian masyarakat dan lingkungan terhadap permasalahan sosial yg menjadi tanggung jawab bersama,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pelatihan odgj Kota Kediri dinas sosial kota kediri Berita Kediri Berita Jatim

Berita Lainnya