Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Selama PPKM Stok Darah PMI Menurun Sampai 30 Persen, Bhayangkari Polres Jember Kerahkan Ratusan Pendonor

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Aug - 2021, 18:32

Placeholder
Ibu Bhayangkari dan Polwan Polres Jember saat melakukan donor di kantor UDD PMI Jember (foto: ist/ JemberTIMES)

JATIMTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 serta diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, ternyata juga menyebabkan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember mengalami penurunan 20 hingga 30 %.

Meski ada penurunan stok darah ini kebutuhan darah untuk pasien di sejumlah rumah sakit di Jember masih tercukupi.

Baca Juga : Ramai Soal Honor Pemakaman, Ketua DPC PKB Jember Desak Hendy Cabut Perbupnya

Namun, penurunan stok darah ini mendapat perhatian dari Bhayangkari Polres Jember, untuk membantu memenuhi kebutuhan darah tersebut, Jumat (27/8/2021) sedikitnya 120 pendonor terdiri dari Polwan dan ibu-ibu Bhayangkari mendonorkan darahnya di kantor UDD PMI Jember.

“Kami bersinergi antara Bhayangkari, Polwan dan PMI untuk melakukan donor darah dengan total 120 orang. Kami tahu di masa pandemi ini tentu dibutuhkan banyak pasokan darah, sehingga kami tergerak untuk membawa anggota kami guna menambah pasokan darah di PMI Jember,” tutur Nadya Arif Rahman, Ketua Bhayangkari Polres Jember.

Nadya menambahkan, kegiatan donor ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 69 sekaligus Hari Jadi ke 73 Polwan RI. Selain melakukan donor darah, Bhayangkari beserta Polwan Polres Jember juga akan membantu PMI Jember untuk memenuhi pasokan Plasma Konvalesen. 

“Setelah ini kita dari Anggota Bhayangkari dan Polwan akan melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu ketersediaan pasokan di PMI Jember,” tambah Nadya. 

Baca Juga : Genjot Percepatan Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil, Target Dosis Pertama 100 Orang di Kota Batu

Aksi dari ibu-ibu Bhayangkari dan Polwan ini disambut positif oleh PMI Jember, dengan kegiatan tersebut akan menambah stok darah sehingga pasien yang membutuhkan bisa langsung terlayani.

“Saat PPKM, pendonor sedikit sehingga stok darah menurun 20 hingga 30%, namun demikian semua kebutuhan darah untuk pasien masih bisa tercukupi. Karenanya dengan adanya pendonor dari Bhayangkari dan Polwan, kami sangat berterima kasih dan bisa menambah stok darah di PMI Jember,” pungkas E.A Zaenal Marzuki Ketua PMI Jember. (*)


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Sri Kurnia Mahiruni