01/12/2022 Kunjungi 3 Kecamatan Dalam Sehari, Bupati Sanusi Serahkan Bantuan hingga Pantau Isoter | Jatim TIMES

Kunjungi 3 Kecamatan Dalam Sehari, Bupati Sanusi Serahkan Bantuan hingga Pantau Isoter

Aug 14, 2021 17:56
Forkopimda Kabupaten Malang saat baru saja tiba di isoter Kecamatan Ampelgading (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Forkopimda Kabupaten Malang saat baru saja tiba di isoter Kecamatan Ampelgading (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

Pewarta: Hendra Saputra | Editor: Pipit Anggraeni

MALANGTIMES - Pemantauan terhadap kasus covid-19 terus menjadi konsentrasi Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Malang. Salah satunya dengan terus melakukan pemantauan ke isolasi terpusat (isoter) yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah. 

Pada Sabtu (15/8/2021), Forkopimda Kabupaten Malang menyisir dan memantau kondisi masyarakat mulai Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtoyudo hingga Kecamatan Ampelgading.

Baca Juga : Cerita KPM yang Terima Daging Busuk BPNT, Terpaksa Dikonsumsi Lantaran Tak Ada Lauk

Dengan mengendarai kendaraan roda dua jenis trail, Forkopimda Kabupaten Malang yang dikawal oleh jajaran Satlantas Polres Malang melaju untuk melakukan pemantauan isoter.

Kegiatan dimulai di Kecamatan Dampit, di mana isoter terletak di SDN 2. Kemudian bergeser ke SDN Gadungsari yang ada di Kecamatan Tirtoyudo, dan terakhir menuju SDN 1 Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading.

Saat dijumpai di SDN 1 Tirtomarto, Bupati Malang HM Sanusi mengatakan bahwa saat ini penderita covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah harus pindah ke isoter. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan adanya penularan kepada masyarakat sekitar.

“Perintahnya undang-undang, (masyarakat) yang isoman harus dipindahkan ke isoter semua, sudah tidak ada isoman lagi,” ujar Sanusi.

Saat ini, Sanusi menegaskan telah mendorong jajaran camat untuk segera mendata pasien covid-19 yang menjalani isoman. Hal itu agar nantinya dapat lebih mudah untuk melakukan pengawasan.

“Kami dorong camat untuk segera memindahkan semua isoman ke semua isoter. Agar warga yang tidak terpapar juga tidak kena imbasnya,” kata Sanusi.

Sementara itu, untuk memutus kasus covid-19 dan memastikan kesembuhan masyarakat, Pemkab Malang akan memenuhi segala fasilitas yang dibutuhkan di isoter. Sehingga nantinya, pasien yang terpapar covid-19 dapat segera pulih.

“Fasilitas isoter akan kami cukupi sesuai SOP,” ucap dia.

Baca Juga : Status Bansos Aktif dan Selalu Disalurkan, KPM Asal Bangkalan Tak Pernah Terima Bantuan PKH sejak 2016

Bupati Malang asal Kecamatan Gondanglegi itu yakin, pasien covid-19 yang menjalani pemulihan di isoter dapat segera menuntaskan pandemi. Sebab, tidak ada lagi masyarakat yang terpapar akibat pasien covid-19 yang menjalani isoman.

“Dengan isoter, harapannya covid-19 selesai. Karena dengan cara begini itu memutus mata rantai,” tegasnya mengakhiri.

Bukan hanya pemantauan isoter, Pemkab Malang juga memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat Kecamatan Ampelgading. Selain itu, para pasien yang ada di isoter mendapat bantuan uang saku yang secara simbolis diberikan oleh Bupati Malang HM Sanusi.

Setelah melakukan kunjungan di isoter Kecamatan Ampelgading, rombongan Forkopimda Kabupaten Malang menuju Candi Jawar Ombo. Disitu, mereka melakukan istirahat, salat dan makan setelah seharian menjalani aktifitas pemantauan isoter.

Judul berita Kunjungi 3 Kecamatan Dalam Sehari, Bupati Sanusi Serahkan Bantuan hingga Pantau Isoter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pemantauan kasus covid 19 penanganan kasus covid 19

Berita Lainnya