Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

PPKM Berlanjut, Dewanti: Kita Harus Memperpanjang Kesabaran

Penulis : Irsya Richa - Editor : Pipit Anggraeni

10 - Aug - 2021, 20:01

Placeholder
Alun-Alun Kota Batu ditutup lantaran PPKM darurat. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat level 4 lagi-lagi harus diperpanjang sampai 16 Agutus 2021 mendatang di Kota Batu. Dengan perpanjangan PPKM darurat tersebut, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pun berpesan agar masyarakat terus meningkatkan kesabaran.

“Ternyata kita harus memperpanjang kesabaran karena PPKM level 4 masih dilanjutkan. Mungkin memang berat tapi melihat sikon seperti ini, PPKM harus dilakukan,” ungkap Dewanti, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga : Yusep Gunawan jadi Kapolrestabes Surabaya, Reuni Antara Pemeriksa dan Terperiksa

Ia menambahkan, saat PPKM darurat telah terjadi penurunan kasus secara signifikan di Kota Batu. Namun, Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi dan ICU di rumah sakit Kota Batu masih tinggi, sehingga masih perlu dilakukan PPKM darurat.

“Jadi memang perlu dilakukan. Di Kota Batu sendiri tingkat BOR masih tinggi, tapi secara angka kumulatifnya sekarang sudah melandai, per hari 10 pasien,” tambahnya saat di Polres Batu.

Karena itu, salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Batu. Dengan target kekebalan kelompok yang harus tervaksinasi 70 persen atau sekitar sekitar 149,7 ribu sasaran.

Sementara itu, dari data yang dimiliki, saat ini BED ICU yang sejumlah 12 tempat tidur penuh di rumah sakit rujukan. Kemudian BED isolasi terisi 112 tempat tidur, dan menyisakan sebanyak 14 tempat tidur di RS rujukan.

Jumlah itu tersebar di empat rumah sakit (RS) rujukan perawatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Bhayangkara, RS Baptis, RS dr Etty Asharto. Dengan penuhnya bed tempat tidur status risiko wilayah Kota Batu zona merah atau zona tinggi.

Baca Juga : Kunjungi Dinkes, Komisi C DPRD Tulungagung Tanyakan Progres Pembangunan RS Campurdarat

Sementara keterisian shelter isolasi ada 80 pasien, dengan kapasitas 156 bed tersedia atau 51,28 persen. Sedangkan tambahan pasien aktif Covid-19 sejumlah 15 orang, totalnya 340 orang. Secara jumlah kumulatif ada 2.613 orang.

Untuk kesembuhan ada penambahan 13 orang. Sehingga, kumulatifnya mencapai 2.064 orang. Dengan angka kematian ada tambahan satu orang, totalnya jadi 209 orang.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Pipit Anggraeni