Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Awas Tertipu, Sederet Wajah Tampan dan Cantik di Media Sosial ini Ternyata Tak Ada Wujudnya di Dunia Nyata

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Pipit Anggraeni

25 - Apr - 2021, 09:40

Placeholder
Potret wajah yang tak ada wujudnya di dunia nyata. (Foto: Thispersondoesnotexist).

INDONESIATIMES - Barangkali kalian kerap menemui potret wajah-wajah seorang laki-laki tampan, perempuan cantik, bahkan anak-anak yang lucu di platform media sosial, jangan langsung berasumsi baik. Pasalnya, sederet wajah-wajah ini ternyata tidak ada wujudnya di dunia nyata.

Ya, beberapa deretan wajah cantik dan tampan ini, tidaklah nyata. Tetapi, hanya pengembangan dari artificial intelligence, dengan penggunaan teknologi deepfake wajah yang sangat mirip.

Baca Juga : Ony: Cegah Penyebaran Covid-19, Warga Ngawi Jangan Mudik

Sepintas, kalian yang melihat wajah-wajah ini akan menebak jika mereka merupakan seorang dari negara tertentu. Padahal mereka tidaklah nyata. Wajah-wajah ini bisa seketika dimunculkan melalui situs ThisPersonDoesNotExist. Dengan artificial intelligence itu, wajah baru akan muncul setiap kali pengunjung refresh.

Dilansir berbagai sumber, situs ini sempat dianggap mencemaskan. Lantaran, masuk dalam kategori teknologi deepfake, yang memungkinkan untuk disalahgunakan pihak-pihak tertentu.

Tetapi, kemunculan website ini sebenarnya hanya merupakan contoh untuk memperkenalkan seperti apa teknologi deepfake. Pembuatnya, bernama Philip Wang.

Philip telah meluncurkan situs ini beberapa tahun silam. Ia memakai AI yang menggunakan generative adversarial network buatan Nvidia. Nah, wajah palsu ini dibuat berdasarkan katalog wajah asli yang digunakan oleh sistem AI untuk berlatih.

Di mana, prosesnya hanya membutuhkan waktu sangat singkat, bahkan cukup beberapa detik untuk memunculkan wajah baru dengan tampilan random. Bisa karakter wajah usia tua, muda, pria ataupun wanita dan dari segala macam ras.

Penggunaan teknologi Nvidia juga tidak terbatas pada wajah. Beberapa bentuk yang sudah berhasil dicoba antara lain mobil, kucing, bahkan kamar tidur.

Baca Juga : Begini Kronologis Kecelakaan Truk Fuso di Kota Batu Menurut Kepolisian

Jika diperhatikan dengan seksama, kalian mungkin akan dapat melihat perbedaan foto jadi-jadian ini dengan wajah manusia yang sesungguhnya. Tapi, secara umum, wujud yang dihasilkan oleh AI ini sangat realistis. Tak heran, orang yang melihatnya bisa terkecoh.

Walaupun belum sempurna, teknologi deepfake foto dan video dipastikan bakal semakin canggih. Semakin sulit untuk membedakan dengan aslinya. Sekarang saja sudah seperti ini dan bisa didapat dengan mudah serta gratis.

Namun, foto-foto dari AI ini menurut laporan Daily Beast telah disalahgunakan. Investigasi mereka menemukan ada 19 persona palsu dikondisikan sebagai penulis artikel opini sehingga pembaca mengira penulisnya adalah orang asli sesuai fotonya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Pipit Anggraeni