07/12/2022 Pencairan BPNT di Tulungagung Mundur dari Jadwal, Ini Masalahnya | Jatim TIMES

Pencairan BPNT di Tulungagung Mundur dari Jadwal, Ini Masalahnya

Mar 06, 2021 20:12
Surat dari Kemensos terkait mundurnya penyaluran BPNT (Foto : Ist)
Surat dari Kemensos terkait mundurnya penyaluran BPNT (Foto : Ist)

Pewarta: Anang Basso | Editor: Dede Nana

TULUNGAGUNGTIMES - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tulungagung untuk bulan Maret 2021, dipastikan molor. Mundurnya bantuan pangan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini diberitahukan ke seluruh Pendamping/Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan untuk diteruskan ke seluruh agen penyalur (e-Warung).

Salah satu TKSK, Muhamad Imron yang merupakan pendamping di Kecamatan Boyolangu membenarkan mundurnya pencairan bantuan di bulan ini.

Baca Juga : Harga Cabai Mahal, Petani Tulungagung: Sebanding dengan Usaha Keras Kami

"Benar, ada surat dari Kementerian Sosial bahwa untuk bulan Maret ini ada perbaikan data KPM," kata Imron, Sabtu (6/3/2021).

Perbaikan data KPM ini bukan bagian dari graduasi, namun karena ada validasi NIK dan nama KPM oleh Kemensos untuk menertibkan antara penerima BPNT dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Karena masih dalam perbaikan, pihak bank penyalur, disebutkan Imron, belum menerima transfer dana untuk KPM sehingga penyaluran harus mundur.

"Hanya mundur saja. Biasanya dari awal bulan sekitar tanggal 5 sudah ditranfer ke KPM. Mungkin pertengahan bulan KPM baru menerima transfer," jelasnya.

Pemberitahuan mundurnya pencarian ini juga dimaksud agar e-Warung tidak belanja terlebih dahulu sebelum kementerian memberitahukan jadwal pencairan ke masing-masing Dinas Sosial Kabupaten dan Kota.

Baca Juga : Impor Beras 1 Juta Ton, Pernyataan Jokowi Benci Produk Asing Kontradiktif?

Dari surat Kementerian Sosial yang diterima media ini, mundurnya pencairan ini juga terjadi di 12 Provinsi di Indonesia.

Terpisah, wartawan mencoba untuk meminta klarifikasi ke Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung Suyanto. Sayangnya, sampai berita ditulis Suyanto belum memberikan jawaban terkait hal itu.

 

Judul berita Pencairan BPNT di Tulungagung Mundur dari Jadwal, Ini Masalahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BPNT Tulungagung pencairan bpnt mundur

Berita Lainnya