PPKM Mikro Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Kampung Coklat Meningkat | Jatim TIMES

PPKM Mikro Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Kampung Coklat Meningkat

Mar 03, 2021 20:09
Wajah baru wisata edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wajah baru wisata edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Objek wisata di Kabupaten Blitar perlahan-lahan mulai bangkit sejak diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diterapkan hingga 8 Maret 2021. Kebijakan ini secara perlahan membuat para pelaku pariwisata mulai bisa bernafas lega.

Salah satu objek wisata di Kabupaten Blitar yang banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata edukasi Kampung Coklat. Kampung Coklat adalah destinasi wisata yang tak hanya menjadi ikon wisata Kabupaten Blitar. Kampung Coklat telah menjadi ikon wisata Jawa Timur dan nasional. 

Baca Juga : Sepakat Ubah RPJMD 2018-2023, Berikut Catatan Dewan

Manager Kampung Coklat, Akhsin Al Fata mengatakan, selama PPKM mikro tahap I dan II pengelola ada kenaikan pengunjung yang cukup signifikan di Kampung Coklat. Rata-rata dalam sehari di Kampung Coklat ada kunjungan sebanyak 1.000 pengungjung.

“Alhamdulillah kunjungan wisata di Kampung Coklat meningkat di masa PPKM mikro,” ungkap Akhsin kepada BLITARTIMES, Rabu (3/3/2021). 

Akhsin menambahkan, diharapkan mulai menggeliatnya sektor wisata bisa ikut memberikan dampak positif kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di Kampung Coklat sendiri, pengelola Kampung Coklat menjalin sinergi yang apik dengan pelaku UMKM. Banyak pelaku  UMKM yang memasarkan produknya di gallery milik Kampung Coklat.

“Semoga iklim yang mulai bagus ini dapat berdampak pada UMKM yang selama ini bergantung pada sektor pariwisata,” tukasnya.

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19 berlangsung di Kabupaten Blitar belum pernah muncul kluster pariwisata. Hal ini berkat tertibnya pengelola wisata dalam menerapkan protokol kesehatan. 

“Kami berharap masyarakat seluruh masyarakat sehat, bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa dan bisa berwisata,” imbuh pria yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (Baparda) Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Lumajang Masuk Zona Kuning Dalam Penanganan Covid-19

Lebih dalam Akhsin menyampaikan, Kampung Coklat dan Baparda Kabupaten Blitar mendukung penuh vaksinasi Covid-19 untuk pengelola destinasi wisata dan masyarakat. Suksesnya vaksinasi diharapkan dapat membuat masyarakat terlindungi dari penularan Covid-19. Dengan vaksinasi diharapkan dapat menciptakan keamanan berwisata sehingga kunjungan wisatawan di Kabupaten Blitar dan Kampung Coklat bisa meningkat.

“Alhamdulillah pengelola destinasi wisata mendapat prioritas dari pemerintah untuk vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini adalah upaya kita untuk terbebas dari Covid-19. Dan tentunya dengan vaksinasi masyarakat tidak takut lagi berkunjung ke tempat wisata, karena pengelola wisata sudah diberikan vaksin. Semoga vaksinasi ini bisa menjadi pendongkrak pariwisata pasca pandemi,” pungkasnya. 

 

Topik
Berita Blitar Kampung Coklat wisata di blitar

Berita Lainnya