Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Sempat urung direvitalisasi karena pandemi Covid-19, nampaknya Pasar Kedungkandang, Kota Malang mulai dibenahi. Pasalnya, pedagang kaki lima (PKL) di kawasan tersebut menjadi alasan utama untuk segera merealisasikan revitalisasi.

Sebab, para PKL ini masih nekat berjualan di area pinggir Jalan Muharto yang merupakan akses jalan umum.

Baca Juga : Selesaikan Polemik Pasar Srengat, DPRD Kabupaten Blitar Gelar Hearing

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang (Diskopindag) Kota Malang, Wahyu Setianto menjelaskan pihaknya sudah mensosialisasikan terkait pemindahan PKL saat nantinya revitalisasi Pasar Kedungkandang selesai dikerjakan.

"Nanti PKL kita masukkan di dalam, sudah kami sosialisasikan, mau tidak mau, suka tidak suka harus masuk (ke area Pasar Kedungkandang). Karena kepentingan umum juga harus diprioritaskan," ujarnya.

Walaupun jumlah PKL di wilayah tersebut tidaklah banyak, tetapi karena berada di kawasan area jalan maka cukup mengganggu pengguna jalan lainnya. 

"Sebenarnya pedagangnya itu sedikit di sana, nggak sampai 100. Meskipun di sana jam setengah 7 itu sudah minggir tetap kita tertibkan agar lebih nyaman," imbuhnya.

Saat ini, revitalisasi Pasar Kedungkandang yang ditaksir menghabiskan biaya mencapai Rp 3,27 Miliar dari APBD Kota Malang tahun 2020 yang juga merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih berproses.

Sebelum proses pembangunan, sejumlah lapak dan bedak pedagang akan dibongkar oleh petugas. Sehingga pedagang akan menempati lapak penampungan khusus sementara waktu untuk berjualan.

Baca Juga : Stafsus Menteri BUMN Beberkan Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini yang Dibahas

Targetnya, revitalisasi pasar ini bakal diselesaikan di akhir tahu 2020 mendatang. "Jadi ini sudah dimulai, kami sudah ada rapat lanjutan terkait rekonstruksi pembangunan proyek pasar. Kami juga melakukan pendampingan dan pengawasan. Setelah itu oke, proyek pembangunan dikerjakan," tandasnya.

Untuk diketahui, konsep revitalisasi Pasar Kedungkandang ini nantinya akan disamakan dengan pasar-pasar lain di Kota Malang yang sudah direvitalisasi.

Yakni dibuat lebih modern dan sebagai pasar sehat dengan beragam fasilitas yang lengkap guna menunjang kenyamanan baik bagi pedagang ataupun pengunjung pasar.